... Mudah-mudahan Allah meninggikan derajat Ustaz Jeffry... "
Denpasar (ANTARA News) - Komunitas muslim di Denpasar, Bali, melakukan shalat gaib untuk jenazah Ustadz Jeffry yang akrab disapa Uje, setelah shalat Jumat. Uje meninggal setelah kecelakaan bermotor besar di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat dini hari.

Shalat untuk jenazah yang tidak berada di tempat itu dilakukan di Masjid Baiturrohmah, Denpasar, dengan dipimpin H Muslim yang pada shalat Jumat tersebut bertindak selaku khotib dan imam.

Ratusan muslim di Kampung Jawa, Denpasar, itu mengikuti seruan imam untuk shalat gaib dengan empat kali takbir beberapa saat setelah menunaikan shalat Jumat.

Shalat gaib dilanjutkan dengan tahlil dan doa untuk Uje yang meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal saat mengendarai sepeda motor nomor polisi B-3590-SGQ di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, pukul 01.00 WIB.

"Mudah-mudahan Allah meninggikan derajat Ustaz Jeffry," kata H Muslim sebelum memulai memimpin shalat gaib di masjid yang berdiri di tengah permukiman muslim Kampung Jawa itu.

Nama Uje cukup dikenal oleh masyarakat Bali. Apalagi dalam beberapa kali kesempatan komunitas muslim di Pulau Dewata pernah mengundangnya untuk berceramah.

Kampung Jawa merupakan salah satu perkampungan komunitas muslim terbesar di Denpasar. Permukiman itu berdiri di atas lahan pemberian atau hibah dari Kerajaan Pemecutan sejak dahulu kala.

Kampung Jawa berkembang pesat seiring dengan makin besarnya gelombang kaum urban dari Jawa dan Madura yang mengadu nasib di Bali.

(M038)

Pewarta: M rfan Ilmie
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013