Jakarta (ANTARA) - Para pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Kanada sepakat untuk mengadopsi pernyataan bersama tentang Penguatan Ketahanan Pangan dan Nutrisi sebagai respons terhadap krisis.

Pernyataan bersama tersebut diadopsi oleh para pemimpin dalam KTT ASEAN-Kanada di Jakarta, Rabu.

Dalam dokumen hasil KTT ke-43 ASEAN yang dirilis pada Rabu, para pemimpin organisasi regional itu menyoroti komitmen mereka untuk memastikan tindakan cepat terhadap ketahanan pangan dan nutrisi dalam merespons krisis.

ASEAN juga berkomitmen memperkuat kesiapan untuk ketahanan jangka panjang dan keberlanjutan sistem pertanian negara-negara di Asia Tenggara.

“Dan para pemimpin mengharapkan kiranya Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) ASEAN-Kanada dapat diselesaikan,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi kepada wartawan di Jakarta.

Dalam KTT tersebut, Retno menyebut bahwa ASEAN dan Kanada juga secara resmi membentuk Kemitraan Strategis ASEAN-Kanada yang akan memetakan arah kemitraan ke depan melalui pengesahan pernyataan bersama para pemimpin tentang Kemitraan Strategis ASEAN-Kanada.

Kanada merupakan salah satu mitra dialog ASEAN. Hubungan kerja sama Kanada dan ASEAN telah terjalin sejak 1977.

Adapun ASEAN hingga saat ini telah menjalin Kemitraan Komprehensif Strategis dengan China, India, Australia, dan Amerika Serikat.

Baca juga: Kanada hormati sentralitas ASEAN dan Pandangan ASEAN di Indo-Pasifik
Baca juga: Kanada jadi mitra strategis ASEAN, Jokowi ucapkan selamat datang
Baca juga: ASEAN-Kanada jajaki kemitraan perdagangan dan energi bersih


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023