DPRKP juga tidak memiliki program prioritas yang fokus dalam hal penanganan perumahan dan permukiman di wilayah Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi D DPRD DKI August Hamonangan menyebutkan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yakni rumah dengan uang muka (DP/down payment) nol rupiah kurang diminati masyarakat.

"Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta repot dengan urusan rumah DP nol rupiah yang sebenarnya bisa dianggap gagal serta kurang diminati warga DKI," kata August saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

August mengatakan DPRKP juga tidak memiliki program prioritas yang fokus dalam hal penanganan perumahan dan permukiman di wilayah Jakarta.

Menurut dia, program kolaborasi antara warga dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (CAP/Community Action Plan) dan realisasi kegiatan di lokasi, berupa kegiatan sosial, ekonomi dan pembangunan fisik di lingkungan (CIP/Colaborative Implementation Program) masih belum sempurna pelaksanaannya.

Baca juga: Perumahan perlu tetap jadi program prioritas

Terkadang, lanjut dia, program CAP dalam pelaksanaannya (CIP) malah berbenturan serta menghambat tindak lanjut terhadap aduan masyarakat.

"Misalnya, ketika warga mengadukan masih banyak terjadi genangan air sehingga perlu segera dilakukan pelebaran saluran air," tuturnya.

Dia melihat saat warga mengadukan masalah air, jajaran Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA)  DKI Jakarta mengaku tidak bisa mengerjakan dengan alasan terkait dengan program CAP-CIP tersebut.

Hal ini pun membuatnya juga menyoroti adanya ambruknya atap Rusunawa Marunda yang dianggap sebagai bentuk dari ketidakseriusan DPRKP dalam upaya perawatan rusunawa di Jakarta.

"Ini nyata kurangnya keseriusan DPRKP terhadap perawatan rusun yang harusnya menjadi prioritas DPRKP alih-alih fokus pada program DP nol rupiah," ucapnya.

Dengan demikian, dia meminta respon cepat Pemprov DKI khususnya DPRKP untuk merevitalisasi bangunan rusun yang sudah tidak layak dan dikhawatirkan dapat mencelakai penghuninya.

"Tidak hanya revitalisasi, tapi DPRKP perlu merelokasi warga yang bangunannya akan dibetulkan oleh dinas agar proses berjalan baik dan lancar," tegasnya.

Baca juga: Pemprov DKI masih evaluasi efektivitas program DP Nol Rupiah

Monitoring

Dinas Perumahan DKI Jakarta melakukan monitoring terhadap dugaan penyewaan rumah DP nol rupiah di Menara Samawa Jalan H Naman No 54 RT 1/RW 15 Pondok Kelapa, Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Staf Pengelola Rusun Samawa, Musri ketika ditemui di Ruang Marketing Galery Rusun Samawa, Pondok Kelapa, Kamis, mengatakan, dua orang petugas Perumahan DKI Jakarta telah mendatangi Rusun Menara Samawa pada Rabu (21/6) guna menggali informasi akurat terkait dugaan penyewaan unit Rusun itu.

"Sudah kami sampaikan ke dinas perumahan selaku wewenang dalam monitoring dari unit Menara Samawa ini. Saat ini sedang ditindaklanjuti oleh pihak dinas perumahan," kata Musri.

Dinas perumahan, kata dia, juga sudah meminta bukti pembayaran terduga penghuni yang menyewakan hunian, yakni iuran pemeliharaan lingkungan (IPL), PAM, penggunaan listrik, serta air ke pihak pengelola.

Baca juga: Anggota DPRD DKI usulkan program DP Nol dihapus karena tak bermanfaat

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023