India sepenuhnya mendukung sentralitas ASEAN dan Pandangan ASEAN terhadap Indo-Pasifik (AOIP)
Jakarta (ANTARA) - Perdana Menteri India Narendra Modi memandang Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pilar utama kebijakan luar negeri melihat ke timur yang diterapkan India (India's Act East Policy).

Menurut laman Kementerian Luar Negeri India, Act East Policy fokus kepada lingkungan Indo-Pasifik, dengan ASEAN sebagai intinya, sedangkan tujuannya adalah meningkatkan kerja sama ekonomi, ikatan budaya dan mengembangkan hubungan strategis dengan negara-negara di Indo-Pasifik baik secara bilateral, regional maupun multilateral. 

"ASEAN adalah pilar utama India's Act East Policy. India sepenuhnya mendukung sentralitas ASEAN dan Pandangan ASEAN terhadap Indo-Pasifik (AOIP)," kata Modi saat memimpin KTT ASEAN-India yang ke-20 di Jakarta, Kamis.

KTTini digelar dalam rangkaian acara KTT Ke-43 ASEAN yang berlangsung pada 5-7 September 2023. Indonesia memegang Keketuaan ASEAN 2023 setelah menerima tongkat estafet dari Kamboja di Phnom Penh pada November 2022.

Modi mengatakan India dan ASEAN memiliki hubungan sejarah dan geografis, selain kesamaan nilai, kesatuan regional dan keyakinan bersama terhadap perdamaian, kemakmuran dan dunia multipolar yang menyatukan keduanya.

Untuk itu, Modi menegaskan ASEAN adalah   pilar utama India's Act East Policy.

Baca juga: ASEAN sepakat tegakkan Konvensi Hukum Laut 1982

Modi menyatakan ASEAN berperan penting dalam inisiatif Indo-Pasifik India. Mereka mendukung penuh sentralitas ASEAN dan AOIP, sebuah inisiatif ASEAN untuk memperkuat arsitektur di kawasan secara inklusif.

Tahun lalu, ASEAN dan India merayakan tahun persahabatan dan meningkatkan hubungan menjadi kemitraan strategis komprehensif.

"Bahkan di tengah ketidakpastian global, kita terus membuat kemajuan melalui kerja sama yang saling menguntungkan di setiap sektor," kata Modi.

Hal itu disebutnya sebagai bukti nyata kekuatan dan ketahanan hubungan kedua belah pihak.

Tema KTT ASEAN tahun ini adalah "ASEAN Matters Epicentrum of Growth." "ASEAN Matters" yang menurut dia sebagai suara setiap orang didengar, dan "Epicentrum of Growth" yang menurutnya kawasan ASEAN memainkan peran penting dalam pembangunan global.

Semangat tersebut, kata dia, juga bagian dari semangat India, yaitu "Satu Bumi, Satu Keluarga, Satu Masa Depan," yang juga menjadi tema Presidensi G20 India tahun ini.

Modi mendorong upaya bersama untuk mewujudkan kesejahteraan bagi rakyat dan memastikan Indo-Pasifik yang bebas dan merdeka menjadi kepentingan bersama.

Baca juga: Jokowi tekankan pentingnya kemitraan ASEAN-PBB jaga perdamaian dunia
 

Pewarta: Katriana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023