Jakarta (ANTARA) - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Diana Dewi menerapkan pola kemitraan dalam berbisnis guna memajukan pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Jakarta dan daerah lainnya.

"Saya selalu menerapkan sistem kemitraan dengan para pelaku UMKM di mana mereka memiliki produk-produk seperti sayur-mayur, buah maupun produk olahan lainnya. Saya tidak membebani mereka harus membayar display dan justru memperbolehkan pelaku UMKM men-display produknya di toko kami," papar Diana Dewi pada Kamis.

Dengan membuka gerai toko daging baik di Jakarta maupun diberbagai daerah lainnya, Diana Dewi menyatakan bahwa pihaknya secara tidak langsung turut memfasilitasi pelaku UMKM untuk berjualan produk dengan konsep kemitraan.  Melalui konsep kemitraan, Diana juga memastikan para pedagang tidak perlu menunggu 30 atau 45 hari untuk menanti uangnya diberikan oleh pihak toko. 

"Pelaku UMKM bisa langsung menagih dan mencairkan uangnya kepada pihak toko, kemudian pegiat UMKM dapat menjajakan kembali barang dagangannya di toko kami," kata Diana Dewi menambahkan.

Selain itu untuk memajukan putra daerah di setiap gerai toko yang dibangun di suatu wilayah, Diana Dewi juga selalu bermitra dengan putra daerah yang dinilai dapat dipercaya setelah menjalin kerja sama sekian lama dengannya.

"Untuk membuka Toko Daging Nusantara secara pribadi bisa namun bermitra adalah cara saya dalam memajukan putra daerah. Setelah mencapai kata sepakat, kami membuat PT bersama yaitu PT Seroja Niaga Boga dalam memajukan sebuah gerai atau toko daerah," ujar Diana Dewi.

Untuk membantu para pelaku UMKM yang belum memiliki toko yang memadai untuk menjual produknya, Diana Dewi menegaskan bahwa pihaknya juga akan membuka gerai Toko Daging Nusantara diberbagai wilayah di Indonesia. 

"Gerai toko akan kembali kami bangun diseluruh provinsi yang berada di nusantara. Toko-toko tersebut yang telah dalam tahap pembangunan akan berada di Jawa tengah, Kalimantan, Sulawesi serta di 38 provinsi lainnya," papar Diana Dewi.

Bisnis Toko Daging Nusantara yang dimulai sejak 1998, bermula dari penjualan daging di garasi rumah. Setelah 25 tahun berkiprah, Diana Dewi kini memiliki delapan gerai toko daging yang tersebar di berbagai wilayah.

Adapun beberapa Toko Daging Nusantara miliknya telah beroperasional seperti yang berada di wilayah Kranggan Cibubur, Depok, Cikarang Bekasi, Rawamangun, Tebet, Duri Kosambi, Cikampek serta Soreang Bandung. 

Di Toko Daging Nusantara tersebut, Diana Dewi menjual daging sapi, ayam, kerbau, bebek, kambing serta aneka daging olahan lainnya.

Baca juga: Kadin DKI Jakarta salurkan bantuan untuk korban gempa bumi di Cianjur

Baca juga: Kadin DKI sebut pengusaha kaji opsi tahan kenaikan UMP 2023

Baca juga: HIPPI harap Pj Gubernur yang dalami profil ekonomi Jakarta


Pewarta: Alexander Arie Wauran
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023