Kita punya harapan besar bagaimana dari ajang tahunan antar-pondok pesantren ini ke depannya akan lahir atlet-atlet potensial."
Medan (ANTARA News) - Sebanyak 1.176 santriwan dan santriwati dari 21 kabupaten/kota siap bersaing menjadi yang terbaik dalam Pekan Olahraga dan Seni Antar-Pondok Pesantren se-Sumatera Utara (Pospedasu) V/2013 di Medan.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Nurdin Lubis di Medan Jumat mengatakan, ajang tahunan tersebut diharapkan dapat melahirkan atlet-atlet potensial yang dapat mengharumkan nama daerah itu dikancah nasional maupun internasional.

Untuk itu ia berharap para santri dan santriwati yang bertanding pada Pospedasu tersebut agar menunjukkan kemampuan terbaiknya, dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas dalam olahraga.

"Kita punya harapan besar bagaimana dari ajang tahunan antar-pondok pesantren ini ke depannya akan lahir atlet-atlet potensial. Namun tentunya semua ini akan dapat tercapai jika setelah Pospedasu ini para santri tetap melanjutkan latihan dengan keras," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, ajang tahunan tersebut selain untuk mencari yang terbaik dalam cabang olaharaga, juga diharapkan dapat dijadikan sebagai media untuk saling mempererat tali silaturrahmi sesama santriwan dan santriwati.

"Jadikan ini sebagai ajang untuk mempererat persaudaraan dan persatuan. Medali memang utama namun yang lebih penting dari itu semua adalah bagaimana persaudaraan kita dapat semakin dieratkan," katanya.

Pospedasu V/ 2013 mempertandingan enam cabang olahraga yakni atletik, futsal, pencak silat, basket dan voli. Sementara untuk seni mempertandingkan qasidah kolaborasi, pidato tiga bahasa, kriya (kerajinan tangan), kaligrafi, dan seni lukis Islam.

Sementara Sekretaris panitia Masrinal Nasution mengatakan Pospedasu yang digelar 25-29 April 2013 tersebut juga akan dijadikan ajang seleksi untuk Pospenas di Gorontalo, Juni 2013 mendatang.

"Untuk itu tentunya kami sangat berharap para santri untuk benar-benar bertanding dengan semangat dan tunjukkan kemampuan terbaik yang dimiliki. Di Pospenas nanti di Gorontalo kita jagokan silat, voli, atletik dan futsal serta qasidah rebana untuk mendulang medali," katanya. (KR-JRD/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013