Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan harga gula pasir lokal di tingkat konsumen normal, yakni sesuai dengan harga acuan penjualan (HAP) sebesar Rp14.500.

“Rp14.500 harganya, coba cek di ritel modern harganya yuk sama saya nanti. Kalau di luar kota, baru Rp15.500 sesuai aturan,” kata Arief di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

Sementara itu, Arief menjelaskan bahwa adanya perbedaan harga gula di sejumlah pasar di Indonesia merupakan hal yang normal. Hal itu, kata dia, dapat terjadi karena adanya fleksibilitas harga sekitar lima sampai sepuluh persen.

“Biasanya kalau di pasar tradisional harganya naik sedikit, kan dia kemas, distribusi. Ada fleksibilitas biasanya sekitar 5 sampai 10 persen,” katanya.

Berdasarkan Peraturan Bapanas (Perbadan) Nomor 17 Tahun 2023 tentang Perubahan Harga Acuan Pembelian di Tingkat Produsen dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen Komoditas Gula Konsumsi, HAP gula ditetapkan sebesar Rp14.500, dan Rp15.500 khusus di Indonesia Timur dan daerah tertinggal, terluar, terpencil, dan perbatasan (3TP).

Sedangkan HAP di tingkat petani, kata dia, yaitu sebesar Rp12.500 per kilogram.

“Makanya namanya harga acuan ya, harga acuan penjualan. Jadi biasanya ada fleksibilitas,” katanya.

Di sisi lain, dia menegaskan bahwa saat ini pihaknya sedang fokus meningkatkan harga gula di tingkat petani karena masih dianggap terlalu rendah. Sebab itu, pihaknya telah meningkatkan harga jual melalui Perbadan Nomor 17 Tahun 2023.

Lebih lanjut, Arief mengatakan bahwa ketersediaan stok gula saat ini mencukupi kebutuhan masyarakat hingga akhir 2023.

“Neraca pangan kita sampai Oktober itu, kita aman, dan untuk 2023 pun kita pastikan aman. Tinggal yang perlu kita siapkan adalah proyeksi yang mulai 2024, biasanya setelah musim giling selesai. Ini kan musim giling selesai nih, nah kita baru ngomongin neraca, neraca lagi, habis itu perbaruan,” ujarnya.

Menurut Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan (SP2KP), rata-rata harga gula pasir nasional pada 7 September 2023 mencapai Rp14.800. Sementara rata-rata harga gula pasir di DKI Jakarta sebesar Rp15.000.

Adapun rata-rata harga gula pasir di Kota Bogor mencapai Rp14.000, sedangkan Kota Bekasi dan Tangerang sebesar Rp15.000.

Baca juga: Bulog memastikan stok gula pasir di Sumut aman
 

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023