World Coconut Day tahun 2023 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dunia akan manfaat kelapa.
Kabupaten Gorontalo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo menyiapkan lokasi penanaman 200 ribu bibit kelapa yang akan ditanam pada peringatan World Coconut Day (WCD) tahun 2023 yang akan digelar di daerah ini pada 21-25 September nanti.

"Pada pencanangan Taman Kelapa Dunia, kami akan menanam 200 ribu pohon kelapa, bibit kelapa dari berbagai negara penghasil kelapa dibawa dan akan ditanam di Kabupaten Gorontalo," kata Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, di Gorontalo, Kamis.

Nelson yang juga Ketua Koalisi Pemerintah Kabupaten Penghasil Kelapa menjelaskan, penanaman 200 ribu pohon kelapa sebagai modal bagi anak cucu masa kini dan masa yang akan datang.

Bupati mengungkapkan, WCD yang bertaraf internasional tersebut akan diramaikan dengan berbagai kegiatan, berkat dukungan dari berbagai pemangku kebijakan baik pemerintah pusat maupun daerah.

"Dukungan penuh dari dari lembaga, kementerian, Dewan Kelapa Indonesia, para bupati penghasil kelapa se-Indonesia, Pemerintah Provinsi Gorontalo, perguruan tinggi, termasuk DPR RI dan International Coconut Community (ICC)," katanya lagi.

Nelson Pomalingo menjelaskan, sejak ICC terbentuk, Indonesia tidak pernah menjadi tuan rumah World Coconut Day. Padahal kantor pusat ICC berada di Indonesia.

"Untuk tahun 2022 dilaksanakan di India, maka kami gandeng ICC untuk pelaksanaan World Coconut Day tahun 2023 Kabupaten Gorontalo menjadi tuan rumah," kata dia lagi.

Bupati dua periode itu menambahkan, World Coconut Day tahun 2023 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dunia akan manfaat kelapa baik dari segi ekonomi maupun sosial.

Berbagai kegiatan dijadwalkan akan digelar pada peringatan itu, di antaranya konferensi kelapa, forum bisnis kelapa, pagelaran produk inovatif dan teknologi kelapa, pelatihan usaha tani kelapa, pencanangan taman kelapa dunia, kontes kelapa, serta pameran UMKM.
Baca juga: Kabupaten Gorontalo tuan rumah Peringatan Hari Kelapa se-Dunia 2023
Baca juga: Bupati Gorontalo sebut 28 negara siap hadiri Hari Kelapa 

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023