Jakarta (ANTARA) - Timnas Belanda meraih kemenangan meyakinkan atas Yunani dengan skor 3-0 pada pertandingan Grup B kualifikasi Euro 2024 di Stadion Philips, Eindhoven, Jumat dini hari WIB.

Kemenangan Belanda atas Yunani pada laga ini hadir berkat gol yang dicetak oleh Marten De Roon, Cody Gakpo serta Wout Weghorst, demikian catatan UEFA.

Tambahan tiga poin ini membuat Belanda naik ke posisi kedua klasemen sementara Grup B dengan enam poin dari tiga pertandingan, memiliki poin sama dengan Yunani di posisi ketiga yang sudah memainkan empat laga.

Secara statistik pada pertandingan ini Belanda sedikit lebih unggul soal penguasaan bola dengan 53 persen dan melepaskan total 11 tendangan yang enam di antaranya tepat sasaran.

Pada pertandingan ini Belanda mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan sempat memberikan ancaman melalui sundulan Marten De Roon yang masih menyamping dari gawang Yunani.

Belanda berhasil mencetak gol pada menit ke-17 berkat gol yang dicetak oleh De Roon sehingga skor berubah menjadi 1-0. Ini merupakan gol perdana De Roon untuk Timnas Belanda senior setelah melewati 38 pertandingan.

Pemain muda Belanda Xavi Simons unjuk kebolehan dan sempat memberikan ancaman ke gawang Yunani, namun dapat diamankan oleh kiper Odysseas Vlachodimos.

Baca juga: Prancis semakin kokoh di puncak klasemen seusai hajar Irlandia 2-0

Skuad asuhan Ronald Koeman berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-31 setelah umpan Denzel Dumfries dapat diterima Cody Gakpo yang selanjutnya melepaskan tendangan ke gawang Yunani dan tak dibendung oleh Vlachodimos sehingga skor berubah menjadi 2-0.

Unggul dua gol, Belanda semakin percaya diri dan sempat memberikan ancaman melalui tendangan Dumfries yang masih menyamping dari gawang Yunani.

Skuad De Oranje kembali mampu menambah keunggulan melalui sundulan yang dilepaskan oleh Wout Weghorst memanfaatkan umpan Dumfries sehingga skor berubah menjadi 3-0 pada menit ke-31.

Memasuki babak kedua, Belanda lebih tenang dalam menjalankan pertandingan dengan menerapkan tempo sedang dalam menguasai bola.

Belanda hampir menambah keunggulan menjadi 4-0 andai umpan dari Simons dapat disambut oleh Weghorst.

Virgil van Dijk serta kolega terus menggempur lini pertahanan dari Yunani, namun hingga peluit panjang berbunyi, skor 3-0 untuk kemenangan Belanda tetap bertahan.

Selanjutnya Belanda akan menghadapi Irlandia pada pertandingan lanjutan Grup B kualifikasi Euro 2024, Minggu (10/9), sedangkan Yunani menjamu Gibraltar, di hari yang sama.

Baca juga: Southgate panggil dua nama baru untuk Kualifikasi Euro 2024 September

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023