Jakarta (ANTARA) - Calon pemain naturalisasi Indonesia Thom Haye mengatakan setelah menjadi warga negara Indonesia (WNI) nanti ia ingin membantu perkembangan sepak bola tanah air dengan pengalamannya yang sudah malang melintang di sepak bola Belanda.

Thom yang kini memasuki usia 29 tahun, selama kariernya telah memperkuat enam klub dengan lima di antaranya klub di Belanda yaitu AZ Alkmaar, Willem II, ADO Den Haag, NAC Breda, dan klubnya saat ini SC Heerenveen.

Satu klub di luar Belanda yang pernah ia bela adalah klub Italia, Lecce pada Juli 2018 sampai September 2019.

“Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas pertemuan ini untuk Anda semua, semua orang membuat hal ini menjadi mungkin,” kata Thom saat menghadiri rapat kerja Komisi X DPR RI dengan Ad Interim Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (RI) secara virtual terkait permohonan pemberian kewarganegaraan RI pada dirinya dan dua rekannya yang lain, Maarten Paes dan Ragnar Oratmangoen di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.

“Saya rasa banyak sekali potensi yang bisa saya manfaatkan dari pengalaman saya untuk membantu perkembangan sepak bola di Indonesia,” lanjutnya.

Baca juga: Komisi III DPR menyetujui naturalisasi 3 calon pemain Timnas

Thom mengaku baik dirinya dan keluarganya yang ada di Indonesia sangat bangga setelah dirinya sebentar lagi akan menjadi WNI dan menjadi bagian dari timnas Indonesia.

Sama seperti dua rekannya yang lain, Ragnar dan Maarten, setelah menjadi WNI nanti ia ingin menjadi warna negara yang baik.

“Saya sangat bangga, dan keluarga saya di Indonesia juga sangat bangga. Suatu kehormatan untuk menjadi bagian dari proses ini dan alasan besar bagi saya juga perkembangan sepak bola Indonesia,” katanya.

“Seperti yang dikatakan Maarten, saya ingin menjadi warga negara yang baik dan saya sangat bangga menjadi bagian dari semua ini,” lanjutnya.

Thom adalah pesepak bola yang lahir di di Amsterdam, Belanda pada 9 Februari 1995. Ia memiliki darah Indonesia dari kakek dari ayahnya yang lahir di Solo, Jawa Tengah pada 30 Desember 1925 silam.

Saat ini, bersama klubnya Heerenveen, Thom telah tampil 24 kali di semua kompetisi dengan torehan tiga gol dan tiga assist.

Baca juga: Maarten Paes sudah belajar Pancasila dan Indonesia Raya
Baca juga: STY panggil Nathan, Idzes, Thom, dan Ragnar untuk laga lawan Vietnam


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024