Jakarta (ANTARA) - Pemain timnas Indonesia Thom Haye mencetak satu gol bersama SC Heerenveen dalam laga yang berakhir dengan skor 3-3 melawan FC Twente pada pekan ke-28 Eredivisie Belanda di Stadion Abe Lenstra, Kamis WIB.

Pada laga itu, pelatih Heerenveen Kees Van Wonderen kembali memercayakan posisi gelanang tengah untuk Thom yang pada laga tersebut berduet dengan gelandang asal Swedia Simon Olsson dalam formasi 4-3-2-1.

Sebagai tim tuan rumah, Heerenveen tidak memulai laga dengan baik karena tertinggal dua gol cepat Twente yang dicetak Ricky van Wolfswinkel (11’) dan Daan Roots (13’).

Delapan menit kemudian Ion Nicolaescu (21’) memperkecil kedudukan bagi Heerenveen, tapi gol Robin Propper (36’) membuat Twente kembali menjauh dengan skor 3-1.

Tak menunggu lama, dua menit kemudian Osama Sahraoui (38’) mencetak gol untuk Heereveen untuk kembali membuat skor dengan selisih satu gol 2-3 sekaligus menutup 45 menit pertama.

Pemain timnas Indonesia Thom Haye saat mengeksekusi penalti untuk timnya SC Heerenveen melawan FC Twente yang berakhir dengan skor 3-3 dalam pekan ke-28 Eredivisie Belanda di Stadion Abe Lenstra, Kamis (4/4/2024) WIB. (ANTARA/SC Heerenveen)
Baca juga: Thom Haye antar Heerenveen menang besar dengan satu gol dan satu asis

Memasuki babak kedua, laga relatif imbang dimana pada babak ini Heerenveen menyamakan kedudukan berkat gol penalti Thom (57’).

Gelandang 29 tahun itu ditunjuk sebagai algojo titik penalti setelah handball pemain Twente di kotak terlarang.

Thom pun dengan dingin menyelesaikan tendangannya. Ia menempatkan tendangannya ke tengah untuk mengecoh kiper Twente Lars Unnerstall yang bergerak ke sisi kanan.

Gol keempat Thom pada musim ini itu sekaligus mengakhiri drama enam gol di Stadion Abe Lenstra.

Selain mencetak satu gol selama 84 menit bermain di lapangan, Thom juga mencatatkan statistik cukup apik lainnya, di antaranya membuat 43 sentuhan, 30 umpan dengan akurasi 87 persen, enam umpan jauh sukses, tiga kemenangan ground duels dari enam kesempatan, satu sapuan, satu intersep, dan tiga tekel, demikian dilansi dari Sofascore, Kamis.

Hasil ini tak membuat posisi Heerenveen beranjak dari posisi kesebelas klasemen sementara dengan 33 poin dari 28 laga.

Sementara untuk Twente, tim yang diperkuat pemain keturunan Indonesia Mees Hilgers itu juga tetap di posisi ketiga klasemen sementara dengan 57 poin dari 28 laga.

Pada laga selanjutnya, Heerenveen masih akan bermain di kandang ketika melawan FC Utrecht pada Senin (8/4) pukul 01.00 WIB.

Baca juga: Thom ingin bantu sepak bola Indonesia berbekal pengalaman di Belanda
Baca juga: Thom dan Ragnar tuai hasil tak memuaskan pada pekan ke-27 Eredivisie


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024