Jakarta (ANTARA) - Calon pemain naturalisasi Indonesia Thom Haye membantu timnya SC Heerenveen menang besar empat gol tanpa balas dengan mencetak satu gol dan satu asis ketika tandang melawan tim juru kunci FC Volendam pada pekan ke-23 Liga Belanda di Stadion Kras, Belanda, Senin WIB.

Satu asisHaye disumbangkan ketika ia berhasil memberikan umpan jauh akurat dari garis pertahanan pada Pelle van Amersfoort yang mencetak gol pertama (13’).

Lalu untuk golnya, Haye menjadi pencetak gol terakhir (89’) setelah tendangan kaki kanan kerasnya yang berawal dari situasi tendangan pojok, gagal diamankan kiper tim tuan rumah Mio Backhaus.

Gol terakhir yang dicetak Haye melengkapi dua gol sebelumnya yang dicetak Simok Olsson (66’) dan gol kedua Van Amersfoort (68’) sekaligus membawa Heerenveen berada di posisi ke-10 klasemen sementara dengan 28 poin.

Baca juga: Waketum PSSI terbuka dengan peluang Thom Haye bela timnas

Catatan itu kini membuat gelandang 29 tahun itu mengoleksi tiga gol dan tiga asis untuk Heerenveen di semua kompetisi musim ini.

Selain satu gol dan satu asis, sang gelandang tengah itu juga mencatatkan 88 sentuhan, 82 persen akurasi umpan, empat umpan kunci, tiga crosses berhasil dari empat kesempatan, satu big chances created, dua tembakan tepat sasaran, satu tembakan tidak tepat sasaran, satu dribble sukses, dua ground duels won, satu clearances, satu tackles, dan satu interceptions, demikian catatan Sofascore.

Baca juga: Erick isyaratkan PSSI ingin naturalisasi Thom Haye dan Maarten Paes

Pindah ke Belgia, pemain timnas Indonesia Shayne Pattynama hanya menjadi penghangat bangku cadangan ketika timnya KAS Eupen kembali kalah di ajang Pro League atau kasta tertinggi Belgia pada pekan ke-27.

Kali ini, kekalahan Eupen diderita saat bermain di kandang, Kehrwegstadion, Belgia, pada Senin WIB melawan Cercle Brugge dengan skor akhir 0-2. Pemain Cercle Brugge, Kevin Denkey menjadi aktor kemenangan pada laga ini melalui dua golnya (64’ dan 67’).

Kekalahan ini menjadi kekalahan ke-18 Eupen musim ini dan membuat posisi mereka terancam untuk kasta karena berada di zona degradasi, di posisi ke-15 dengan 21 poin, selisih lima poin dari zona aman.

Baca juga: Erick pastikan naturalisasi Thom Haye dan Oratmangoen selesai Maret
Baca juga: Ketum PSSI konfirmasi Shayne akan gabung timnas dalam waktu dekat


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024