Jakarta (ANTARA) - Liga Belanda musim 2021/22 resmi bergulir dengan laga pembukaan yang berakhir dengan SV Heerenveen menang 1-0 di markas tim promosi Go Ahead Eagles di Stadion De Adelaarshorst, Deventer, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Kemenangan Heerenveen diraih berkat gol cepat yang dicetak gelandang Tibor Halilovic saat laga baru berusia tujuh menit dan keunggulan itu mampu dipertahankan tim tamu hingga bubaran, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Heerenveen, yang finis di urutan ke-12 klasemen musim lalu, mengambil inisiatif serangan sejak awal laga dan berhasil membuka keunggulan pada menit ketujuh ketika Halilovic menyelesaikan umpan sodoran Joey Veerman dengan tembakan jarak jauh.

Baca juga: Feyenoord hadapi Utrecht dalam final playoff tiket Liga Conference

Go Ahead berusaha memberi jawaban instan tiga menit kemudian, sayangnya sepakan kaki kiri Boyd Lucassen mampu ditepis oleh kiper Erwin Mulder.

Tim tamu yang sepanjang laga mampu memiliki 52 persen penguasaan bola berusaha menambah keunggulan mereka tetapi sejumlah percobaan dari Arjen van der Heide, Rodney Kongolo, Sven van Beek dan Ibrahim Dresevic belum membuahkan hasil.

Di pengujung babak pertama tuan rumah memperoleh peluang lagi untuk menyamakan kedudukan, sayangnya bola tandukan Martijn Berden menyambut umpan silang Justin Bakker lagi-lagi bisa diamankan oleh Mulder.

Baca juga: Dortmund boyong Donyell Malen dari PSV

Unggul satu gol membuat Heerenveen tampil percaya diri selepas turun minum sayangnya 11 percobaan tembakan yang mereka lakukan sepanjang babak kedua tak kunjung menambah gol.

Sebaliknya, Go Ahead nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-78 jika saja tembakan jarak jauh Marc Cardona tak membentur mistar gawang.

Hasil tersebut melanjutkan tren positif Heerenveen yang selalu memenangi laga pertama mereka di Liga Belanda dalam empat musim terakhir.

Heerenveen selanjutnya akan menjamu RKC Waalwijk di Stadion Abe Lenstra pada Sabtu (21/8) pekan depan, sedangkan Go Ahead bertandang ke De Kuip sehari kemudian menghadapi Feyenoord.

Baca juga: Klasemen akhir Liga Belanda: PSV dampingi Ajax ke Liga Champions

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021