Jakarta (ANTARA) - Feyenoord akan menghadapi Utrecht dalam final fase playoff Liga Belanda yang memperebutkan satu tiket babak kedua kualifikasi Liga Conference setelah keduanya menyingkirkan lawan masing-masing pada semifinal, Kamis dini hari WIB.

Utrecht yang finis urutan keenam klasemen akhir musim ini lebih dulu melangkah ke final berbekal kemenangan tipis 1-0 atas Groningen, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Di hadapan sekitar tiga ribu penonton yang diizinkan mengisi tribun Stadion Galgenwaard, Utrecht mengunci kemenangan lewat tembakan jarak jauh Simon Gustafson yang menaklukkan kiper Sergio Padt.

Kehadiran bintang gaek Arjen Robben dalam kubu Groningen tak cukup membantu penampilan tumpul mereka yang gagal sekalipun menemui sasaran dalam sembilan percobaan tembakan sepanjang laga.

Kemenangan atas Groningen membuka kesempatan bagi Utrecht kembali tampil pada putaran final kompetisi UEFA yang terakhir kali mereka rasakan pada 2010/2011 saat bermain di Liga Europa.

Baca juga: Sparta kunci tempat terakhir playoff perebutan tiket Liga Conference
Baca juga: Vitesse pastikan tiket Liga Conference setelah Feyenoord terpeleset


Dalam pertandingan yang dimainkan di De Kuip, Feyenoord menang meyakinkan 2-0 atas rival sekota Sparta Rotterdam.

Derbi Rotterdam edisi tambahan musim ini tersebut berlangsung relatif timpang dengan Feyenoord menguasai lebih dari 64 persen penguasaan bola dan membuka keunggulan lewat eksekusi penalti Steven Berghuis pada menit ke-33.

Dua menit kemudian, Feyenoord menggandakan keunggulan setelah Tom Beufelsdijk mencetak gol bunuh diri saat berupaya memotong umpan tarik Luis Sinisterra ke arah Nicolai Jorgensen.

Final playoff dijadwalkan dimainkan di De Kuip Sabtu lusa.

Pemenang akan memperoleh satu tiket babak kedua kualifikasi Liga Conference yang merupakan kompetisi level ketiga UEFA yang mulai bergulir musim depan.

Baca juga: Ajax tutup musim dengan kemenangan di markas Vitesse
Baca juga: Klasemen akhir Liga Belanda: PSV dampingi Ajax ke Liga Champions

 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021