Liga Belanda

Vitesse pastikan tiket Liga Conference setelah Feyenoord terpeleset

Vitesse pastikan tiket Liga Conference setelah Feyenoord terpeleset

Penyerang Vitesse Arnhem Lois Openda (kanan) melakukan selebrasi seusai mencetak gol ketiga timnya ke gawang Fortuna Sittard dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion Fortuna Sittard, Sittard, Belanda, Kamis (13/5/2021). ANTARA/REUTERS/SIPA USA/PRO SHOTS.

Jakarta (ANTARA) - Vitesse Arnhem memastikan satu tiket kualifikasi Liga Conference kendati hanya meraih hasil imbang dalam rangkaian laga pekan ke-33 Liga Belanda, pasalnya pada saat bersamaan Feyenoord juga terpeleset gagal menang.

Melawat ke Stadion Fortuna Sittard pada Kamis, Vitesse harus berjibaku untuk mengimbangi tuan rumah Fortuna Sittard dengan skor 3-3.

Sempat tertinggal akibat gol cepat Ben Rienstra pada menit pertama, Vitesse mampu bangkit dan berbalik unggul lewat gol-gol Sondre Trondstad dan Riechedly Bazoer.

Namun Zian Flemming melesakkan tembakan jarak jauh empat menit jelang turun minum demi membuat kedudukan imbang 2-2 saat jeda.

Flemming mencetak gol keduanya membawa Fortuna kembali memimpin pada menit ke-54, lagi-lagi lewat tembakan jarak jauh yang cukup menaklukkan kiper Remko Pasveer.

Kemenangan yang sudah di depan mata Fortuna buyar pada menit keempat injury time ketika Lois Openda menanduk bola muntah hasil tembakan Oussama Tannane yang gagal diantisipasi sempurna oleh kiper Yannick van Osch.

Baca juga: Sparta Rotterdam kikis asa Vitesse dekati zona Liga Champions

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Stadion Erve Asito, Feyenoord cuma bisa memetik satu poin setelah diimbangi tuan rumah Heracles Almelo dengan skor 1-1.

Orkun Kokcu memecah kebuntuan untuk Feyenoord pada menit ke-64, tetapi pemain yang sama tiga menit kemudian melakukan pelanggaran ceroboh di dalam kotak terlarang yang berbuah hadiah tendangan penalti bagi tuan rumah.

Sinan Bakis sukses mengkonversi eksekusi penalti untuk membuat kedudukan kembali imbang.

Pada pengujung laga Feyenoord memperoleh dua peluang lewat sang kapten Steven Berghuis, tetapi dua sundulannya gagal menemui sasaran memaksa skor 1-1 bertahan hingga bubaran.

Hasil-hasil itu membuat Vitesse mengunci posisi akhir peringkat keempat klasemen dengan koleksi 61 poin, yang sudah pasti tak terkejar Feyenoord (56), kendati musim masih menyisakan satu pertandingan.

Baca juga: Dua gol bunuh diri warnai kemenangan Feyenoord di markas Utrecht

Dengan demikian Vitesse mencetak satu tiket babak ketiga kualifikasi Liga Conference, kompetisi Eropa anyar yang mulai bergulir musim depan, sedangkan Feyenoord harus melewati babak playoff internal Belanda memperebutkan satu tiket babak kedua kualifikasi kompetisi yang sama.

Sementara Fortuna tertahan di urutan ke-10 dengan 41 poin, persis di bawah Heracles (44) yang masih punya peluang untuk menembus zona playoff, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Dua tim lain yang sudah mengunci keikutsertaan playoff adalah Groningen yang menempati urutan ketujuh dengan 50 poin dan Utrecht (52) yang ada di posisi keenam setelah main imbang 0-0 melawan tim peringkat kedelapan Sparta Rotterdam

Sparta dan Heracles di atas kertas menjadi dua tim yang bakal memperebutkan satu tempat terakhir zona playoff.

Baca juga: Ajax kirim VVV Venlo terdegradasi bersama ADO Den Haag
Baca juga: PSV kunci tiket Liga Champions lantaran AZ gagal menang
Baca juga: Ajax sulap trofi Liga Belanda jadi cendera mata untuk suporter

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar