Semarang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana meminta para kepala daerah di provinsi itu berperan aktif mencegah terjadinya kebakaran saat musim kemarau yang diprediksi berlangsung lebih lama akibat fenomena El Nino.

“Bupati dan wali kota harus menyiapkan, dan kesiapsiagaan dari berbagai kejadian kebakaran agar bisa diatasi,” katanya di Semarang, Jumat.

Baca juga: Gubernur Jateng minta helikopter BNPB tangani kebakaran Gunung Sumbing

Selain itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) diharapkan mampu mengkoordinasikan instansi terkait dalam penanganan kebakaran dan kekeringan di wilayah Jateng.

Menurut dia, adanya perubahan iklim saat ini berdampak pada musim kemarau yang berkepanjangan, sehingga masyarakat sulit memperoleh air bersih untuk kehidupan sehari-hari. “Tinggal kita antisipasi bantuan ke masyarakat saat tidak ada air,” ujarnya.

Baca juga: BNPB sebut karhutla di dua wilayah di Jateng telah dipadamkan

Baca juga: Area Kawah Sikidang kebakaran, tim gabungan lakukan pemadaman


Peristiwa kebakaran yang menonjol di Jateng adalah terjadinya kebakaran Lereng Gunung Sumbing, Kabupaten Wonosobo pada pekan lalu. Para relawan dari unsur TNI, Polri, BPBD, Perhutani, dan masyarakat berupaya memadamkan kebakaran dengan bergotong royong.

Bahkan, Pemprov Jateng harus mengajukan bantuan helikopter pemadam kebakaran ke BNPB guna mempercepat penanganan kebakaran di Lereng Gunung Sumbing.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023