pemilih pemula itu wajib diikutsertakan
Jakarta (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi DKI Jakarta gencar melakukan sosialisasi kepada para pelajar sebagai pemilih pemula agar menggunakan hak pilih dengan bijaksana dan menghindari tidak menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024.

“Untuk sekali sosialisasi bisa dilakukan secara serentak di 3.000 lokasi sekolah sekaligus,” Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Agus Ramdani kepada ANTARA, Jakarta, Jumat.

Pihaknya, lanjut Agus, bersama Badan Kesbangpol dan KPU DKI melakukan sosialisasi kepada pelajar untuk memberikan informasi mengenai kepemiluan.

Untuk indikator keefektifan sosialisasi, kata Agus, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk memastikan pelajar yang masuk dalam usia pemilih pemula wajib mengikuti sosialisasi tersebut.

“Wajib pemilih pemula itu wajib diikutsertakan dan saya yakin sekolah pasti bisa kontrol karena punya datanya,” kata Agus.

Adapun KPU DKI Jakarta mencatat Daftar Pemilih Tetap (DPT) Provinsi DKI Jakarta pada Pemilu 2024 dari 8.252.897 pemilih, sebanyak 801.803 di antaranya pemilih pemula.

Senada dengan yang disampaikan Disdik DKI, Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Wahyu Dinata, menyebut pemilih pemula dan pemilih muda memang menjadi sasaran intensif dalam sosialisasi yang dilakukan oleh KPU dan Pemerintah Provinsi DKI.

Wahyu mengatakan hampir 50 persen lebih daftar pemilih tetap di Jakarta sebagian besar didominasi oleh pemilih pemula dan pemilih muda.

Dalam melakukan sosialisasi kepada pelajar sebagai pemilih pemula, lanjut Wahyu, pihaknya mengajarkan tentang pelaksanaan pemilu yang merupakan indikator negara demokratis.

Pelajar, kata Wahyu, diajarkan tentang bagaimana mereka menggunakan hak pilihnya secara benar berdasarkan asas pemilu luber dan jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil).

Di samping itu, lanjut Wahyu, KPU DKI juga mempublikasikan konten-konten media sosial yang ramah pemilih pemula.

Melalui sosialisasi ini Wahyu berharap pemilih pemula dan pemilih muda dapat berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemilu bukan hanya sebagai pemilih namun juga terlibat sebagai petugas penyelenggara pemilu.

Baca juga: KPU DKI targetkan gudang logistik Pemilu 2024 selesai akhir tahun

Baca juga: KPU dan Dinas Perumahan DKI fasilitasi sarana informasi pindah pemilih

Baca juga: DKI bersama Bawaslu dan KPU komitmen jaga Jakarta tetap bersih

Pewarta: Aprillio Abdullah Akbar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023