Paris (ANTARA News) - Paris Saint-Germain yang harus bermain dengan sembilan orang, berada di ambang juara Ligue 1 Prancis untuk pertama kalinya sejak 19 tahun lalu, setelah menang tipis 1-0 dari klub terancam degradasi Evian Minggu malam lalu.

Kemenangan ini juga adalah balas dendam atas kekalahan PSG atas klub sama pada perempatfinal Piala Prancis.

Javier Pastore mencetak gol semata wayang PSG pada menit kelima babak kedua.  Ini adalah kemenangan PSG kelima berturut-turut, padahal dua pemainnya Marco Verratti dan David Beckham diusir ke luar lapangan.

Hasil semalam juga membuat PSG unggul sembilan poin bersih dari penguntitnya Marseille dengan tujuh laga tersisa.

Di samping unggul poin, PSG juga superior dalam selisih gol sehingga klub ini untuk pertama kalinya sejak 1994 akan menjuarai League 1 jika menang dari Valenciennes pekan depan, sedangkan Evian bisa terhindar dari degradasi jika menang di pertandingan pekan depan.

Pada babak pertama laga yang berlangsung di Parc des Sports. kedua klub menciptakan sedikit peluang, termasuk upaya Zlatan Ibrahimovic yang digagalkan kaki kiper Evian Bertrand Laquait.

PSG menggebrak di babak kedua pada menit kelima setelah Christophe Jallet mengirimkan umpan manis kepada Pastore yang mengecoh Laquait ke sudut gawannya guna menciptakan gol keempatnya musim ini.

Ibrahimovic hampir menggandakan kedudukan, sementara Ezequiel Lavezzi juga gagal menambah keunggilan karena diblok Cedric Mongongu padahal sudah mengecoh Laquait.

Kemenangan PSG ini dinodai dua kartu merah untuk Verratti yang pada menit 82 mendapat kartu kuning kedua dan Beckham yang melakukan pelanggaran keras terhadap Youssef Adnane.

Sebelumnya Lyon mempertahankan keunggulan dua poin dari peringkat empat Saint-Etienne setelah kedua klub bermain seri 1-1 dalam derby yang panas.

Playmaker Lyon Yoann Gourcuff menyamakan kedudukan pada menit 55 setelah sebelumnya Kurt Zouma membuat juara bertahan Piala Liga itu unggul pada menit 29.

Di laga lain, Nice memperkuat asanya di Liga Champions musim depan setelah menang 3-1 dari Troyes.

Mohamed Yattara membuat tim tamu Troyes unggul lebih dulu, namun Nice menyamakannya lewat Renato Civelli, lalu berbalik unggul berkat gol Dario Cvitanich yang adalah gol ke-15 dia selama musim ini.

Luigi Bruins lalu mencetak gol ketiga Nice pada 13 menit sebelum usai pertandingan sehingga klub ini menyamai perolehan 57 poin yang dikemas peringkat lima Lille atau satu poin di bawah Saint-Etienne, sedangkan Troyes berada enam poin di zona degradasi, dengan pertandingan tersisa empat laga, demikian AFP

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013