Pangkalpinang (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyerahkan Piagam Penghargaan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) kepada Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, karena berhasil meningkatkan IPP di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"IPP ini tidak dapat dilakukan sendiri oleh Kemenpora namun dengan kolaborasi lintas sektor," kata Dito Ariotedjo dalam keterangan pers yang diterima LKBN ANTARA Babel di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas hadiah berupa terbitnya Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Koordinasi Strategis Lintas Sektor Pelayanan Kepemudaan yang menjadi dasar pemberian penghargaan IPP kepada kepala daerah.

Dalam penyerahan penghargaan di Jakarta (8/9/2023) itu, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masuk urutan 3 dari 4 daerah dengan peningkatan IPP tertinggi di Indonesia, bersama Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Papua dan Lampung.

"Berkat perpres ini, kami memiliki kesempatan untuk mengkonsentrasi pelayanan kepemudaan yang dimiliki oleh 27 kementerian dan lembaga untuk dipergunakan sebesar besarnya untuk angkatan masa depan Indonesia," katanya.

Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Suganda Pandapotan Pasaribu mengucapkan terima kasih atas peran serta semua OPD juga stakeholder sehingga indikator IPP Babel bisa meningkat signifikan.

“Ini merupakan prestasi yang membanggakan buat Bangka Belitung, artinya upaya dan pembinaan yang kita lakukan kepada pemuda membuahkan hasil,” ujarnya.

Ia berharap kedepannya kolaborasi lintas sektor senantiasa semakin diperkuat agar domain keberhasilan pembangunan pemuda terus meningkat dan diharapkan pemuda supaya berkontribusi, khususnya buat Bangka Belitung

“Jangan mudah diprovokasi, tidak mudah untuk dipecah belah tapi tetap bersatu untuk kemajuan Bangka Belitung,” katanya. ***2***
 

Pewarta: Aprionis
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023