Beijing (ANTARA) - Penjualan mobil penumpang energi baru di China melonjak pada Agustus 2023, menurut data dari asosiasi industri pada Jumat (8/9).

Bulan lalu, penjualan retail kendaraan penumpang energi baru di China naik 34,5 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 716.000 unit, menurut Asosiasi Mobil Penumpang China (China Passenger Car Association/CPCA).

Dalam delapan bulan pertama tahun ini, total 4,44 juta unit mobil energi baru terjual melalui jalur retail, melonjak 36 persen dibandingkan tahun lalu, kata asosiasi tersebut.

Penjualan grosir mobil-mobil ini mencapai 798.000 unit pada Agustus, naik 25,6 persen (yoy).

Data itu juga menunjukkan bahwa ekspor mobil penumpang energi baru China naik 1,7 persen dari tahun lalu menjadi 78.000 unit, atau mencakup 24 persen dari total ekspor mobil penumpang China.

CPCA tetap optimistis mengenai prospek ekspor kendaraan energi baru. Dengan keunggulan skala dan perluasan pasar, semakin banyak produk energi baru buatan China yang mendunia dan mendapat penerimaan yang lebih tinggi di luar negeri, demikian dikatakan asosiasi tersebut. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023