Balikpapan (ANTARA) - BMKG Stasiun Balikpapan memprakirakan 10 kabupaten/kota di Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan ringan hingga hujan petir disertai angin kencang pada Minggu-Senin (10-11/9), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain jalan licin, banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan, Iwan Munandar, di Balikpapan, Sabtu.

Prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan ke pihak terkait, termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar segera dilakukan mitigasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Rinciannya antara lain di Kota Samarinda hujan ringan pada Minggu pukul 14.00 WITA pada semua kecamatan, pada Senin pagi pukul 05.00 dan 08.00 WITA di enam kecamatan yakni Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Utara, Samarinda Ulu, dan Kecamatan Sambutan.

Hujan ringan hingga hujan sedang di Kota Balikpapan diprakirakan terjadi pada Senin pagi pada pukul 05.00 dan 08.00 WITA. Di Kota Bontang hujan disertai petir berpotensi terjadi pada Minggu sekitar pukul 20.00 WITAdi semua kecamatan, kemudian hujan ringan pada Senin pagi di semua kecamatan.

Baca juga: BMKG: 24 ZoM masuki musim hujan pada September 2023

Di Kabupaten Berau, hujan disertai petir diprakirakan terjadi pada Senin pagi pukul 05.00 WITA di tiga kecamatan yakni Kelay, Maratua dan Segah. Kemudian hujan ringan pada Senin pagi pada hampir semua kecamatan.

Hujan disertai petir juga berpotensi terjadi di Kabupaten Kutai pada Minggu sekira pukul 20.00 WITA di tiga kecamatan yakni Muara Pahu, Jempang dan Muara Lawa. Sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya hujan ringan hingga pukul 23.00 WITA.

Hujan disertai petir di Kabupaten Kutai Kartanegara diprakirakan terjadi pukul 20.00 WITA di empat kecamatan yakni Sebulu, Kenohan, Kota Bangun, dan Muara Kaman. Pada Senin pagi hujan disertai petir berpotensi terjadi di Kecamatan Tabang, sementara sebagian besar kecamatan lainnya hujan ringan hingga sedang.

Di Kabupaten Kutai Timur, hujan disertai petir diprakirakan terjadi pada Minggu pukul 17.00 WITA di Kecamatan Batu Ampar, Long Mesangat, Muara Bengkal, Telen, Teluk Pandan. Selain itu pukul 20.00 WITA di Kecamatan Teluk Pandan dan pukul 23.00 WITA di Kecamatan Batu Ampar, Kongbeng, Bengalon, Long Mesangat, Muara Bengkal, Rantau Pulung, Telen.

"Pada Senin dini hari sekira pukul 02.00 WITA hujan sedang hingga hujan disertai petir di Kecamatan Batu Ampar, Kaliorang, Kongbeng, Sangkulirang, Kaubun, Long Mesangat, Muara Bengkal, dan Telen, kemudian pukul 05.00 WITA di Kecamatan Batu Ampar, Muara Wahau, Busang, Long Mesangat, Muara Bengkal, Telen dan Teluk Pandan," kata Iwan.

Baca juga: BMKG prediksi awal musim hujan terjadi November

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023