Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menekankan penerapan strategi sportainment dengan mencontohkan National Football League (NFL) atau Liga Amerika Football yang mampu meraup keuntungan melalui konser half time show di super bowl.

Hal itu disampaikan oleh Menpora Dito dalam puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) XL tahun 2023 yang berlangsung di Jakarta Internasional Velodrom, Jakarta, Sabtu.

"Kita perlu menerapkan strategi sportainment seperti NFL di Amerika dengan half time show di super bowl. Terbukti, sekarang event tersebut menjadi yang paling mahal di dunia untuk periklanan. Maka dari itu, jangan kaku kayak kanebo kering, marilah bergotong royong, bekerja sama mulai dari atlet, artis, influencer, atau entertainer untuk membuat program pembudayaan olahraga yang menghibur masyarakat," kata Menpora Dito.

Lebih lanjut Menpora Dito menyampaikan dengan pengoptimalisasian sportainment melalui platform media nanti menjadi hulu pendidikan terkait olahraga dan bisa tersebar ke semua kalangan di hilir.

"Dengan mengoptimalisasi sportainment melalui platform media di hulunya, pendidikan terkait olahraga bisa tersebar ke semua orang yang berada di hilir. Semua potensi ekonomi yang berkaitan langsung maupun tidak langsung dengan olahraga bisa digarap oleh perusahaan besar sampai pedagang kecil," kata Menpora Dito.

Ke depannya Menpora Dito akan menerapkan strategi terutama melalui ekosistem pendidikan yang direncanakan menjadi peran kunci terhadap dunia olahraga untuk mencetak atlet olahraga, wirausahawan olahraga, pakar olahraga, manajer klub olahraga, hingga tenaga profesional lainnya.

Menpora juga menyampaikan bahwa Kemenpora siap untuk menjadi katalisator dari berbagai pihak termasuk antar stakeholder olahraga untuk mengembangkan industri olahraga ke depannya.

Baca juga: Jelang Haornas, Menpora buka Rakornas Pemuda dan Olahraga
Baca juga: Kemenpora-organisasi pemerintah daerah teken komitmen bangun pemuda

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023