Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan ekosistem olahraga.

Hal tersebut disampaikan oleh Menpora Dito dalam puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) XL tahun 2023 yang berlangsung di Jakarta Internasional Velodrom, Jakarta, Sabtu.

Dijelaskan Menpora Dito, Presiden Jokowi mengarahkan agar sport science perlu dibuat di perguruan tinggi. Adapun berbagai program studi yang bisa diperkuat adalah manajemen olahraga, kesehatan olahraga, arsitektur fasilitas olahraga, industri kreatif olahraga harus dikembangkan sesegera mungkin.

Selain itu, Menpora Dito menyampaikan bahwa Presiden Jokowi mengarahkan untuk diadakan event-event olahraga bergengsi mulai dari hilir atau kampung-kampung melalui kejuaraan tarkam.

“Saat ini ruang-ruang publik mulai ramai masyarakat berolahraga kembali, arena-arena pertandingan mulai banyak diisi event olahraga bergengsi, bahkan sekarang di kampung-kampung telah terselenggara kejuaraan Tarkam untuk warga rekreasi sekaligus menumbuhkan lokal pride dengan prestasi, sebagaimana arahan bapak Presiden Joko Widodo,” kata Menpora Dito.

Baca juga: Menpora tekankan penerapan strategi sportainment

Dalam kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo yang tidak dapat menghadiri acara secara langsung karena bertepatan dengan tugas kewarganegaraan, diwakilkan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Menhan Prabowo menyampaikan bahwa olahraga berkaitan erat dengan pertahanan. Menurutnya, dalam jiwa sehat terdapat tubuh yang sehat. Begitu juga sebaliknya.

“Kalau pemuda suatu bangsa kuat fisik dan jiwanya, maka bangsa itu punya semangat untuk pemenang dan makmur. Tak ada bangsa yang berhasil tanpa bangsa yang kuat. Oleh karenanya semua stakeholder punya peran yang sangat penting. Pertahanan suatu negara tercermin oleh prestasi pemudanya,” kata Prabowo.

Prabowo yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (Ketum PB IPSI) berharap peringatan Haornas tahun ini jadi momentum untuk terus membangkitkan olahraga di Tanah Air.

“Saya ucapkan Selamat Hari Olahraga Nasional Tahun 2023. Semoga peringatan ini bisa membangun olahraga Indonesia. Bangsa pemenang adalah bangsa yang tak kenal menyerah. Bangsa yang terus berlatih untuk mencapai keberhasilan,” ungkap Menhan Prabowo.

Baca juga: Kemenpora-organisasi pemerintah daerah teken komitmen bangun pemuda

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023