Jakarta (ANTARA) -
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengajak masyarakat membangun kebiasaan positif dengan rajin berolahraga dengan menggelar kegiatan Fun Run 2023 yang diikuti sekitar 600 peserta dari kalangan masyarakat umum dan anggota polisi.
 
Fun Run Korlantas Polri 2023 dipusatkan di Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu, juga digelar dalam rangka menyambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 yang diperingati setiap tanggal 22 September.
 
Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol. Ahmad Dofiri mewakili Kapolri hadir menyampaikan pentingnya untuk menciptakan kebiasaan-kebiasaan baik di tengah kesibukan melakukan aktivitas sehari-hari.
 
"Di tengah-tengah kesibukan dan tanggung jawab untuk menciptakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penting kiranya membiasakan hidup sehat dengan berolahraga. Karena berolahraga mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan kita," kata Dofiri.
 
Jenderal bintang tiga itu mengingatkan pentingnya berolahraga, terlebih masih dalam momentum Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang diperingati setiap tanggal 9 September, menjadi pengingat untuk rutin berolahraga.
 
Dia mengatakan sebagai individu dan sebagai masyarakat berbangsa, olahraga membangun karakter disiplin karakter positif membangun karakter pejuang dan kerja keras, membangun karakter kolaborasi dalam team work dan bahkan memperkokoh jiwa patriotisme dan nasionalisme.
 
"Olahraga juga merupakan instrumen meningkatkan produktivitas, tidak mungkin produktivitas bisa ditingkatkan tanpa ada kesehatan yang prima dari warganya," kata Dofiri.
 
Dalam kegiatan Fun Run Korlantas tersebut juga dipamerkan sejumlah kendaraan listrik yang menjadi operasional Polisi Lalu Lintas menjalankan tugas.
 
Kendaraan listrik tersebut juga digunakan Korlantas Polri saat pengamanan kegiatan KTT G20, hingga KTT ASEAN di Labuan Bajo dan Jakarta.
 
Dalam kesempatan itu, Dofiri mengingatkan jajaran Korlantas Polri untuk terus berinovasi yang tiada henti dalam meningkatkan mutu pelayanan Polri bidang lalu lintas kepada masyarakat, merupakan suatu upaya merepresentasikan kehadiran negara di tengah masyarakat serta mendukung percepatan pemilihan ekonomi nasional.
 
"Teruslah bekerja secara profesional dan ikhlas dalam memberikan pelayanan kepolisian dalam bidang lalu lintas kepada masyarakat serta terus berkontribusi dan berkomitmen mendukung Program pemerintah tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai sebagai upaya menurunkan emisi Co2 dalam rangka mengurangi pencemaran udara," kata Dofiri.
 
Sementara itu, Korlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi menyebut Fun Run Korlantas dan display kendaraan listrik di tempat ini dalam rangka Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 tahun 2023, dengan tema "Modern Pelayanan Polantas Presisi Mengawal Pemilu Damai Untuk Indonesia maju".

Jenderal bintang dua itu menambahkan, Fun Run Korlantas Polri dan display kendaraan listrik dilaksanakan agar terjalin kebersamaan kekompakan dan membiasakan hidup sehat personel Polri dan masyarakat melalui olahraga.

Selain itu, kata dia, kegiatan fun run pada pagi hari ini juga dilaksanakan display kendaraan listrik sebagai wujud kontribusi dan komitmen Polri dalam menurunkan emisi Co2 untuk mengurangi pencemaran udara yang terjadi saat ini di Jakarta.
 
"Serta komitmen Polri untuk ikut membantu program pemerintah tentang Percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai," kata Firman.

Baca juga: Anggota DPR apresiasi inovasi Polri ujian buat SIM tak bayar tunai
Baca juga: Kakorlantas: Uji emisi kendaraan bukan untuk menilang masyarakat

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023