Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengimbau generasi muda agar menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dalam acara Pengucapan Syukur di daerah tersebut.

"Saya mengimbau kepada semua warga GMIM, khususnya generasi muda, generasi emas pembangunan Gereja dan bangsa untuk menjauhi perilaku mabuk-mabukkan dan menjaga ketertiban selama perayaan ini," kata Gubernur Sulut Olly Dondokambey, di Minahasa, Minggu.

Dia mengatakan minuman keras dan perilaku yang mengganggu ketertiban dapat merusak suasana perayaan dan bahkan mengancam keselamatan masyarakat.

Oleh karena itu, katanya, pentingnya menjaga Kamtibmas di Sulut.

Gubernur menekankan bahwa perayaan ini harus dijalani dengan penuh kedamaian dan penghormatan terhadap orang lain.

Dia menjelaskan tradisi Pengucapan Syukur merupakan warisan budaya yang sangat berharga bagi masyarakat Sulawesi Utara.

Tradisi ini bukan hanya sekadar perayaan panen, tetapi juga simbol dari kesatuan dan persatuan yang telah ada sejak zaman dahulu.

Meskipun hidup di kabupaten dan kota yang berbeda, budaya dan kekerabatan tetap melekat kuat, menjadi sarana yang mempererat tali persaudaraan di antara kita semua, tanpa memandang suku, agama, atau latar belakang.

Karenanya, pengucapan syukur tahun ini adalah momentum yang penting bagi semua untuk bersatu dan bersyukur atas segala berkat dan kesuksesan dalam kehidupan serta keberhasilan panen yang telah dicapai.

"Kita harus mengapresiasi para petani dan mereka yang bekerja di sektor pertanian yang telah berkontribusi besar dalam mencukupi kebutuhan pangan kita," jelasnya.

Selain itu, katanya, juga harus bersyukur atas berbagai prestasi dan kemajuan yang telah dicapai dalam berbagai sektor pembangunan di Sulawesi Utara.

Sehingga, katanya, di tengah kebahagiaan ini, juga tidak boleh melupakan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik.

"Mari kita terus berupaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, menjaga lingkungan kita, dan membangun Sulawesi Utara yang lebih baik," jelasnya.

Ini adalah tugas bersama dengan persatuan dan semangat gotong royong, pasti dapat meraih kemajuan yang lebih besar di masa depan.
Baca juga: Gubernur Sulut dianugerahi gelar profesor dari universitas China
Baca juga: Gubernur dukung BPPD Minahasa gelar Wakefest 2023 di Danau Tondano
Baca juga: Sulut dan Jeju Air sepakat jalin kerja sama penerbangan langsung

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023