Bandung (ANTARA) -
Pendaki asal Indonesia yakni Iwan Irawan dan Nurhuda, berhasil menaklukkan puncak Eiger, Swiss, selama 16 hari pendakian dalam ekspedisi Alpine Trilogy.

Iwan Irawan (Kwecheng) dalam sambungan telepon, Ahad, mengungkapkan bahwa tim dalam ekspedisi Alpine Trilogy yang digagas oleh Komite Ekspedisi Wanadri Indonesia (KEWI) dan didukung oleh brand lokal EIGER itu, sebenarnya ada empat orang selain dirinya dan Nurhuda, ada Muhammad Wahyudi dan Muhammad Miftakhudin.

Muhammad Wahyudi dan Muhammad Miftakhudin, terpaksa menghentikan pendakian di tengah jalur karena alasan medis.   Muhammad Miftakhudin mengalami cidera lutut bengkak dan tumit lecet.

"Akhirnya hari Rabu 6 September 2023 pukul 13:50 waktu Swiss, Merah Putih berhasil berkibar di atas puncak Gunung Eiger 3.967 Mdpl, salah satu dari gunung tersulit dan paling berbahaya di dunia," kata Iwan Kwecheng.

Baca juga: 5.000 orang masuk daftar larangan daki Gunung Rinjani Lombok

Baca juga: Tim Epen Bale pecahkan rekor daki Gunung Rinjani empat jam PP


Iwan Kwecheng yang merupakan pendaki senior Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung (Wanadri) menceritakan bahwa dalam ekspedisi itu, suhu ekstrem di ujung musim panas menyambut tim pendaki di Kota Chamonix, yang merupakan Gerbang kawasan Pegunungan Alpen, Swiss, yang telah berada di sana sejak 21 Agustus 2023 lalu.

Semenjak tiba di Swiss, ekspedisi ini mengusung misi untuk mendaki tiga puncak gunung di Pegunungan Alpen, yakni Eiger 3.967 Mdpl, Matterhorn 4.487 Mdpl dan Mont Blanc 4.807 Mdpl.

Iwan Kwecheng yang juga mewakili EIGER Adventure Service Team berkisah butuh waktu berhari-hari untuk melakukan aklimatisasi tubuh juga mengumpulkan semua data informasi dan teknis yang diperlukan.

"Ketiga puncak gunung yang dituju, membutuhkan keterampilan teknis dan pengalaman pendakian yang tinggi," ucapnya.

Berbagai hambatan silih berganti selama proses percobaan pendakian, mulai dari gelombang panas ekstrem yang melanda Swiss hingga cuaca yang berubah jadi badai salju juga terjadi.

Akibat cuaca panas ekstrem yang melanda Eropa, pendakian ke Mont Blanc terpaksa tertunda karena jalur pendakian ditutup.

"Informasi kami terima mendadak, Mont Blanc ditutup karena gletser atau bongkahan es besar di jalurnya semakin retak dan menganga akibat gelombang panas, tak aman untuk pendakian," tutur Iwan.

Akhirnya, empat orang pendaki tersebut memutuskan untuk melanjutkan ekspedisi menuju puncak kedua, yakni Matterhorn pada ketinggian 4.487 Mdpl dengan mengambil titik start dari Desa Zermatt.

Namun, ketika di Desa Zermatt, yang merupakan desa terdekat menuju Matterhorn, cuaca lagi-lagi tak sesuai dengan rencana, dengan turunnya badai salju.

"Sejak dari Zermatt, badai salju besar datang hingga menghadang kami di tengah jalur, tepatnya di Solvayhuette. Terlalu berbahaya untuk dilanjutkan hingga puncak Matterhorn. Akhirnya kami kembali ke Zermatt," ucap Iwan.

Penaklukan Eiger
Usai memulihkan fisik dan mental selama tiga hari, empat orang pendaki Indonesia kembali melanjutkan misi ketiga yakni Gunung Eiger pada ketinggian 3.967 Mdpl.

Menurut Iwan, Gunung Eiger secara teknis termasuk satu dari pendakian tersulit di dunia.

"Jalur pertama ke puncak Eiger kami coba lewat Heckmair, tapi pijakan di atas es dinding Eiger jalur Heckmair terus menerus runtuh karena cuaca panas. Akhirnya kami ubah jalur melalui West Flank. Kondisi salju yang mencair karena suhu panas juga terjadi di jalur West Flank, namun jalurnya tidak berbahaya seperti jalur Heckmair," ucap Iwan.

Batu cadas tajam dipijak dan digenggam erat, tangan dan kaki meraih es dan mendaki vertikal, memanjat lereng Eiger dengan teknik, juga standar keselamatan tinggi. Empat orang pendaki Indonesia menggunakan peralatan teknis yang membutuhkan jam terbang tinggi di urusan pendakian berbahaya.

Hingga akhirnya dua orang pendaki yakni Iwan "Kwecheng" Irawan dan Nurhuda berhasil mencapai puncak Gunung Eiger.

"Hari Rabu 6 September 2023 pukul 13:50 waktu Swiss, Merah Putih berhasil berkibar di atas puncak Gunung Eiger 3.967 Mdpl, salah satu dari gunung tersulit dan paling berbahaya di dunia. Terima kasih atas dukungan dan doanya dari seluruh kawan-kawan termasuk pendukung Wanadri dan Eiger," ucap Iwan.

Usai mencapai puncak Eiger, satu malam dihabiskan untuk pemulihan dan mendirikan bivak menggantung di lereng cadas Eiger, setelah anggota tim yang cedera perlahan pulih, empat pendaki Indonesia ini berhasil turun ke Kaki Pegunungan Alpen pada Kamis (7/9) pukul 14.00.

"Ekspedisi belum usai, masih ada beberapa percobaan lagi untuk menuntaskan misi Alpine Trilogy. Mohon doa dan dukungan semoga empat orang pendaki asal Indonesia di Pegunungan Alpen selalu diberikan perlindungan, keselamatan dan kesehatan hingga kembali ke Indonesia," tutur Iwan.*

Baca juga: Demi Green Tourism, mahasiswa Jakarta daki 35 gunung di Indonesia

Baca juga: Satu ton lebih sampah diangkut dari jalur daki Gunung Gede-Pangrango

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023