Event ini diharapkan akan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Batam. Terutama kawasan Asia,"
Batam (ANTARA News) - Sebanyak 175 pembalap Asia dan Eropa dipastikan akan ambil bagian dalam balap sepeda "Tour de Barelang" yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, pada 25 Mei 2013.

"Hingga saat ini sudah 175 pembalap asing dari Singapura, Italia, Inggris dan Hungaria sudah memastikan diri akan ambil bagian dalam kegiatan tahunan tersebut," kata Kabid Sarana dan Objek Wisata Dinas Parawisata Batam, Rudi Panjaitan di Batam, Senin.

Ia mengatakan, dari seluruh peserta yang sudah mendaftarkan diri justru didominasi pembalap asing. "Jumlah peserta lokal sampai saat ini memang tidak sebanyak pembalap asing," kata dia.

Tour De Barelang, kata Rudi, merupakan salah satu agenda Dinas Pariwisata Kota Batam untuk menggaet kunjugan wisata di kota industri.

Balapan tersebut akan mengambil start dari kawasan Jembatan Satu Barelang menempuh jalur lintas Barelang hingga Jembatan Enam berjarak sekitar 60 kilometer.

"Event ini diharapkan akan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Batam. Terutama kawasan Asia," kata Rudi.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam, Yusfa Hendri mengatakan tahun ini kunjungan wisatawan asing ke Batam ditargetkan mencapai 1,25 juta jiwa.

"Hingga akhir triwulan pertama, angka kunjungan wisman ke Batam mencapai sekitar 311 ribu orang. Kami harap pada triwulan kedua akan meningkat dengan digelarnya Tour De Barelang," kata Yusfa.

Ia mengatakan, Pemerintah Kota Batam juga akan membangun sejumlah fasilitas wisata di kawasan Jembatan 1 Barelang yang menjadi ikon kota industri.

Pewarta: Larno
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013