Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Dito Ariotedjo mendorong Lembaga Pengelola dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) untuk bertransformasi menjadi lembaga yang mampu membawa kemajuan ekosistem industri olahraga nasional.

Penegasan itu disampaikan Menpora Dito Ariotedjo ketika hadir membuka ajang balap Menpora SIM Rancing Championship 2023 di Kramat Pela Kebayoran Baru, Jakarta, Minggu.

"Saya mengapresiasi langkah cepat LPDUK mengoptimalkan aset dengan menggelar ajang balap Menpora SIM Rancing Championship 2023 ini. Saya memang memberikan arahan kepada LPDUK agar mengoptimalkan aset Simulator balap digital ini dan bekerjasama dengan IMI. Saya juga akan mendorong LPDUK bertransformasi menjadi lembaga yang progresif dan dapat mendorong ekosistem industri olahraga di Indonesia," kata Menpora Dito dilansir dari keterangan resmi, Minggu.

Menpora menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan MoU dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dalam upaya memajukan sport industry dan sport entertaiment. LPDUK pun akan didorong untuk terlibat di dalamnya.

Baca juga: LPDUK Kemenpora jalin kerja sama sinergi kembangkan sport tourism

"Kita akan mendorong LPDUK dapat menghimpun lebih banyak dan luas dana dari sponsor demi tercapainya kemandirian olahraga," ucap Menpora Dito.

​​​​​​​Menpora SIM Rancing Championship 2023 hasil kolaborasi LPDUK dengan JMX Phantom, diikuti sembilan pembalap terbaik hasil kualifikasi dari beberapa event untuk memperebutkan dua tiket menjadi wakil Indonesia pada ajang Asia Pasific Motorsport Championship 2023.

Menurut Menpora, potensi balap mobil digital ini sangat besar. Karena dalam esports ini pemerataan kekuatannya lebih terjamin, tidak ada ketimpangan ketimpangan dari mesin maupun mobil yang digunakan. Menpora juga berharap para pembalap digital Indonesia bisa berprestasi menembus kancah dunia.

Hadir mendampingi Menpora Dito Staf Khusus (Stafsus) Alia Noorayu Laksono dan Ardima Rama Putra yang ikut menjajal simulasi balapan digital. Hadir pula dalam kegiatan ini para pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI), Ferry Kono dan Nur Achmad selaki Dewan Pengawas LPDUK, Inspektur Kemenpora Agus Widaryanto dan Kepala Biro Hukum dan Kerjasama, Sanusi.

Baca juga: LPDUK dan PB TI jalin kerja sama pengelolaan dana komersial

Plt. Direktur LPDUK Ferdinand Tangkudung berterima kasih kepada Menpora yang telah hadir membuka dam memberikan dukungan penuh, serta semua pihak yang telah mendukung perhelatan Menpora SIM Rancing Championship 2023. Ia mengaku termotivasi dan tertantang dengan keinginan Menpora Dito.

"Keinginan Menpora untuk mentransformasi LPDUK merupakan tantangan yang harus kami dijawab dengan kerja keras. Semoga ini menjadikan semangat berlipat saya dan rekan-rekan di LPDUK untuk berusaha maksimal mewujudkannya," ucap Ferdinand.

Sementara itu, setelah melewati balapan digital yang ketat, posisi 3 besar hasil Menpora SIM Rancing Championship 2023 berdasarkan hasil balapan dan penilaian Tim Juri, ditempati oleh Daffa Nabiel (juara), Andika Rama (runner up) dan Rialto Ristofani (peringkat 3). Dengan demikian, Daffa Nabiel dan Andika Rama akan mewakili Indonesia di ajang Asia Pasific Motorsport Championship 2023 di Sepang, Malaysia pada 28 September sampai 1 Oktober 2023.

Baca juga: LPDUK geber inovasi untuk kembangkan industri olahraga

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023