Berdasarkan laporan sementara, yang terdampak sekitar 21 Kepala Keluarga (KK) atau 61 jiwa, 18 rumah rusak, tiga kios milik warga, dua gedung sekolah, dan satu gedung puskesmas
Palu (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Tengah (Sulteng) menyampaikan sekitar 18 unit rumah warga rusak diterjang angin kencang di Kabupaten Toli-toli pada Sabtu (9/9).
 
Kepala Pelaksana BPBD Sulteng Akris Fattah Yunus di Palu, Senin, mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 19.30 WITA yang menyebabkan rumah warga di tiga dusun di Desa Binontoan, Kecamatan Toli-toli Utara, mengalami kerusakan.
 
Ketiga dusun itu adalah Dusun Beringin, Dusun Beana, dan Dusun Takudan. Pihaknya segera menuju lokasi setelah mendapatkan informasi tersebut.
 
"Berdasarkan laporan sementara, yang terdampak sekitar 21 Kepala Keluarga (KK) atau 61 jiwa, 18 rumah rusak, tiga kios milik warga, dua gedung sekolah, dan satu gedung puskesmas," kata Akris Fattah.

Baca juga: Banjir landa empat kelurahan di Kabupaten Tolitoli
 
Ia mengatakan rata-rata rumah yang terkena terjang angin kencang itu mengalami kerusakan pada bagian atap dan dinding rumah.
 
Akris menyampaikan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Toli-toli masih dalam proses melakukan asesmen di lapangan.
 
"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, dan kami masih mendata untuk kebutuhan warga," katanya.
 
Selain itu, kata dia, saat ini situasi telah aman terkendali dan warga memilih bertahan di rumah masing-masing.

Baca juga: Kementerian PUPR bangun rumah susun untuk mahasiswa Umada Tolitoli
Baca juga: BMKG: Kabupaten Tolitoli berstatus waspada hujan lebat

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023