Sektor-sektornya ada perhotelan, rumah sakit, mal, jadi ada groundbreaking dari mereka yang sudah siap memulai (pembangunan)
Jakarta (ANTARA) - Otorita ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan terdapat dua groundbreaking atau peletakan batu pertama oleh investor swasta di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada akhir tahun 2023 ini.

"Sektor-sektornya ada perhotelan, rumah sakit, mal, jadi ada groundbreaking dari mereka yang sudah siap memulai (pembangunan). Ada juga istilahnya launching bagi mereka yang melakukan groundbreaking dua bulan lagi," kata Kepala OIKN Bambang Susantono di Gedung DPR RI Jakarta pada Senin.

Bambang juga menambahkan, pihaknya juga melaporkan kerja sama - kerja sama yang selama ini telah terjalin antara investor swasta dengan OIKN.

"Ada juga kerja sama - kerja sama yang kita laporkan, seperti kerja sama dengan Universitas Stanford Amerika Serikat, kemudian juga dengan Pertamina di mana ada beberapa gagasan yang nanti pada waktunya kita laporkan," katanya.

Groundbreaking perusahaan - perusahaan swasta di IKN Nusantara dilaksanakan pada bulan September ini.

Baca juga: Konsep Kota IKN di tengah rimba menarik bagi investor Kazakhstan

Baca juga: Dubes RI di Kazakhstan membawa investor kunjungi Kaltim dan IKN


Untuk tanggal pastinya, Bambang mengatakan bahwa hal tersebut memperhatikan dan menyesuaikan dengan jadwal Presiden RI Joko Widodo.

"Groundbreaking pada bulan ini, untuk tanggalnya sedang dibahas, disesuaikan, diorganisasikan, dan dengan memperhatikan juga jadwal Bapak Presiden RI," katanya.

Sebagai informasi, OIKN melalui Badan Usaha Milik Otorita yakni Bina Karya melakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama dengan sejumlah perusahaan swasta Indonesia yang berencana ikut membangun IKN Nusantara.

Perusahaan - perusahaan swasta yang mencapai fase kesepakatan berkomitmen untuk melakukan pembangunan mulai dari rumah sakit, hotel, sekolah, perkantoran, dan juga mal perbelanjaan.

Ibu Kota Negara Nusantara dibangun untuk mencapai target Indonesia sebagai negara maju, sesuai Visi Indonesia 2045.

Dibangun dengan identitas nasional, IKN akan mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia-sentris, serta mempercepat Transformasi Ekonomi Indonesia.

Baca juga: OIKN: Jaminan keberlanjutan IKN berikan kepastian kepada investor

Baca juga: OIKN: Investor swasta bangun fasilitas kesehatan di IKN bulan depan

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023