Saat ini delegasi Kazakhstan sedang mengunjungi Titik Nol IKN.
Samarinda (ANTARA) - Delegasi Investor Kazakhstan yang dipimpin Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Kazakhstan Mochamad Fadjroel Rachman melakukan kunjungan ke Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Negara ( IKN) Nusantara.

"Saat ini delegasi Kazakhstan sedang mengunjungi Titik Nol IKN," kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim Syarifah Alawiyah, di Samarinda, Sabtu.

Juru bicara Gubernur Kaltim yang biasa disapa Yuyun itu menjelaskan kunjungan para investor Kazakhstan disampaikan oleh Duta Besar LBBP RI Mochamad Fadjroel Rachman melalui suratnya langsung kepada Gubernur Isran Noor.

"Rencana mereka berkunjung selama 7 hari, dari kemarin 31 Agustus hingga 6 September nanti," katanya pula.

Masih dalam surat Dubes RI Astana, ujar Yuyun, kunjungan mencakup ke kawasan pemerintahan inti Nusantara dan menghadiri Festival Musik Nusantara, business meeting dengan Pemerintah Provinsi Kaltim dan Kadin Kaltim di Samarinda, serta familiarization trip di Bali.

"Pihak Kedubes RI mengapresiasi atas kerja sama yang baik antara KBRI Astana, Otorita Ibu Kota Nusantara, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Bali Tourism Board," ujarnya pula.

Tindak lanjut pertama yang akan menjadi kolaborasi bersama KBRI Astana dan OlKN, beserta mitra lainnya di Kazakhstan dan Indonesia adalah Astana-Nusantara-Samarinda-Bali Business and Familiarization Trip.

Kunjungan bagi para calon investor Kazakhstan untuk melihat langsung kawasan pembangunan Ibu Kota Nusantara dan diharapkan menegaskan komitmen investasi.

"Delegasi kunjungan dipimpin Dubes RI Astana dan para calon investor Kazakhstan dari kalangan pengusaha dan konsorsium konstruksi, bankir, startup, sovereign wealth fund, perwakilan kantor Gubernur Astana, perwakilan asosiasi agen pariwisata, media tv dan cetak, serta influencer," kata Yuyun.

Ia menambahkan sesuai jadwal pada besok, Minggu, 3 September 2023, delegasi kunjungan Kazakhstan akan melakukan pertemuan dengan jajaran Pemerintah Provinsi Kaltim dan mitra usaha di Kantor Gubernur Kaltim.
Baca juga: Bahlil sebut investor bangun hotel-stasiun-kafe di IKN September
Baca juga: OIKN: Jaminan keberlanjutan IKN berikan kepastian kepada investor

Pewarta: Arumanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023