Dari kegiatan ini diharapkan dapat berdampak luas terhadap produksi perikanan yang ramah lingkungan
Bangli, Bali (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangli, Bali, meresmikan dan membantu sarana serta prasarana kolam pancing Sri Sari Sedana di Desa Sulahan, Kecamatan Susut, yang merupakan UMKM wisata pemancingan.

Usai meresmikan, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengapresiasi dan mendukung adanya usaha pemberdayaan masyarakat melalui kolam pancing yang akan mendatangkan para pehobi mancing sekaligus memberdayakan masyarakat sekitar, sebut siaran pers Diskominfo Bangli, yang diterima di Bangli, Bali, Senin.

UMKM wisata pemancingan ini sudah tentu akan meningkatkan ekonomi di wilayah sekitarnya dengan pemandangan hamparan sawah yang begitu indah di Desa Sulahan.

Bupati Bangli kemudian menyerahkan bantuan sarana dan prasarana perikanan ke Kelompok Pembudi Daya Ikan (Pokdakan) Sri Sari Sedana, Pokdakan Sri Arta Sedana, Pokdakan Mina Kerta Nadi, dan Pokdakan Merta Sari De Payuk, serta meninjau kolam bioflok lele di Pokdakan Sri Sari Sedana.

Ketua Kelompok Budidaya Ikan Sri Sari Sedana menjelaskan kelompok pembudi daya ikan terdiri dari 18 orang. Budi daya ini sudah dirancang dari Januari 2022, namun tahun ini baru bisa terealisasi, berkat pembinaan dari para penyuluh lapangan dinas terkait dan juga dari studi tiru ke kelompok lompok lain.

Kolam pancing yang dimiliki oleh Pokdankan Sri Sari Sedana ini sebagai sarana rekreasi para pehobi mancing yang ada di Desa Sulahan dan dari luar desa.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak terkait atas bantuan dan bibit ikan yang sudah diberikan kepada kelompok kami," katanya.

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan (PKP)​​​​​​ Bangli I Wayan Sarma menyampaikan kegiatan budi daya ikan seperti ini perlu dikembangkan karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi ikan dan padi, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, serta gerakan gemar makan ikan.

"Dari kegiatan ini diharapkan dapat berdampak luas terhadap produksi perikanan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan terhadap pengembangan kawasan budi daya ikan demi kesejahteraan masyarakat pembudi daya ikan dan kelompoknya," kata Kadis PKP Bangli.

Baca juga: Bupati Bangli tinjau pembangunan RSUD dan pasar Singamandawa
Baca juga: Pemkab Bangli tebar 150.000 benih ikan nila di Danau Batur
Baca juga: Bupati Bangli letakkan batu pertama Gedung Laboratorium Bio Safety

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023