Khusus untuk pantai selatan Bantul wilayah barat selama Sabtu-Minggu naik 15 persen dari minggu lalu, dari sebanyak 5.347 orang menjadi 6.179 orang. Efek dari festival layangan di Pantai Samas
Bantul (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan festival layangan yang digelar di wilayah Pantai Samas pada libur akhir pekan lalu mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke kawasan wisata pantai selatan tersebut.

  Kasi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Aji di Bantul, Senin, mengatakan, data kunjungan wisata ke semua destinasi Bantul selama libur akhir pekan dari 8-10 September sebanyak 30.143 orang, meningkat lima persen dibanding libur akhir pekan lalu 1-3 September sebanyak 39.996 orang.
 

"Khusus untuk pantai selatan Bantul wilayah barat selama Sabtu-Minggu naik 15 persen dari minggu lalu, dari sebanyak 5.347 orang menjadi 6.179 orang. Efek dari festival layangan di Pantai Samas," katanya.
  Menurut dia, event yang digelar di kawasan pantai selatan Bantul selama ini memang efektif menjadi daya tarik wisata, karena pengunjung selain bisa menikmati keindahan alam pantai juga terhibur dengan atraksi, seperti festival layangan.
 

"Event tertentu cukup mendongkrak wisatawan. Paling tidak tahun ini dua kali festival layang-layang di pantai selatan Bantul, karena khususnya di Pantai Parangkusumo mempunyai tempat dan angin yang ideal," katanya.
  Dia juga mengatakan, selain pantai selatan Bantul, kunjungan wisatawan ke objek wisata Gua Selarong yang ada di Kecamatan Pajangan Bantul, pada Minggu (10/9) juga mengalami kenaikan dibanding Minggu yang lalu.

  "Di Gua Selarong khusus hari Minggu ini kunjungan naik 160 persen dibanding hari Minggu sebelumnya, dikarenakan ada lomba kreativitas seni, tercatat dari 168 orang menjadi 438 orang," katanya.

  Lebih lanjut dia mengatakan, dari data kunjungan wisatawan ke Bantul selama libur akhir pekan dari 8-10 September sebanyak 30.143 orang, mampu memberikan kontribusi ke pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp290,4 juta, naik dari libur akhir pekan lalu dengan PAD Rp275,2 juta.

  Sedangkan untuk kunjungan wisata ke Bantul selama periode mingguan dari tanggal 4 sampai 10 September sebanyak 41.621 orang dengan perolehan PAD sebesar Rp401,6 juta.

  "Naik empat persen dibanding periode mingguan yang lalu, yaitu dari 28 Agustus sampai 3 September tercatat sebanyak 39.996 orang wisatawan dengan penerimaan PAD sebesar Rp385,9 juta," katanya.

Baca juga: Bantul siapkan konsep penataan kawasan Pantai Samas

Baca juga: Bantul kembangkan ekowisata pesisir di pantai selatan


 

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023