Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora dalam sepekan terakhir masih menarik untuk disimak pada Minggu (8/10), mulai dari perayaan Hari Batik hingga strategi hadapi El Nino.

Selain itu, ada warta mengenai layanan deteksi dini penyakit kardiovaskular secara gratis hingga ke level RT/RW dan Desa di Jawa Barat yang menjadi tuan rumah Festival Layang-layang Internasional 2023.

Berikut sejumlah berita pilihan sepekan:

1. Nadiem: Museum Batik Indonesia wujud terobosan merdeka berbudaya

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyatakan bahwa Museum Batik Indonesia yang diresmikan hari ini di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, adalah wujud terobosan merdeka berbudaya.

Baca juga: Nadiem: Museum Batik Indonesia wujud terobosan merdeka berbudaya

2. Ribuan warga dan alat berat dikerahkan bersihkan Pantai Cibutun

Ribuan warga yang berasal dari berbagai instansi, lembaga, komunitas dan masyarakat umum serta tujuh alat berat dikerahkan untuk membersihkan sampah yang menggunung di Pantai Cibutun, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Rabu.

Baca juga: Ribuan warga dan alat berat dikerahkan bersihkan Pantai Cibutun

3. Kemenkes perluas deteksi dini kardiovaskular gratis hingga RT/RW

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memperluas cakupan layanan deteksi dini penyakit kardiovaskular secara gratis hingga ke level RT/RW guna menekan angka kasus kematian akibat gangguan jantung.

Baca juga: Kemenkes perluas deteksi dini kardiovaskular gratis hingga RT/RW

4. Kemenag: Keluarga berperan penting cegah perilaku perundungan

Kasubdit Bina Keluarga Sakinah Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Agus Suryo Suripto mengatakan keluarga berperan penting dalam upaya mencegah terjadinya perundungan pada anak.

Baca juga: Kemenag: Keluarga berperan penting cegah perilaku perundungan

5. Mundu Pesisir Cirebon jadi tuan rumah Festival Layangan Internasional

Desa Mundu Pesisir di Cirebon, Jawa Barat, menjadi tuan rumah Festival Layang-layang Internasional 2023 yang diikuti puluhan peserta dari berbagai daerah dan negara kawasan Asia seperti Lebanon, Malaysia serta Singapura.

Baca juga: Mundu Pesisir Cirebon jadi tuan rumah Festival Layangan Internasional

6. Presiden tekankan pentingnya strategi kecukupan air hadapi El Nino

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan arahan kepada kementerian dan lembaga terkait tentang pentingnya menjaga persediaan air demi keberlangsungan ketahanan pangan nasional di tengah fenomena El Nino yang kini melanda sejumlah daerah.

Baca juga: Presiden tekankan pentingnya strategi kecukupan air hadapi El Nino

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023