kalau perlu, kebijakan untuk mendukung industri batik
Jakarta (ANTARA) - Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati menyerukan supaya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta memanfaatkan potensi batik Betawi dengan cara digunakan saat acara resmi dan dijadikan cendera mata saat menggelar berbagai acara BUMD.

Selain BUMD, Sri juga memastikan bahwa lingkungan pemerintahan DKI Jakarta juga terus memberikan dukungan untuk kemajuan industri batik Betawi.

"Pemprov DKI Jakarta terus memberikan dukungan dan perlindungan terhadap batik Betawi dengan berbagai kegiatan dan, kalau perlu, kebijakan untuk mendukung industri batik,” kata Sri dalam pembukaan acara Semarak Batik Betawi 2023 di Jakarta, Jumat

Ia juga berharap petinggi BUMD DKI Jakarta dapat menyumbang pikiran mengenai cara berkontribusi memajukan industri batik Betawi.

Sementara itu, Sri mengatakan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta harus terus bekerja sama dengan daerah-daerah lain di Indonesia untuk mengembangkan industri batik, termasuk dengan mengembangkan motif batik perpaduan yang kreatif.

"Jadi, misalnya, bisa dikembangkan perpaduan antara batik Betawi dengan batik Solo,” katanya.

Ia mencontohkan bahwa saat mengikuti agenda Istana Berbatik Minggu (1/10) lalu, pakaian batik yang ia kenakan adalah buatan seorang perajin dari Jakarta Barat yang selalu memadukan motif batik dari beberapa daerah.

“Bagian lengan bajunya menggunakan batik Banten, bagian belakang bajunya dengan batik Betawi, dan bawahannya adalah dengan batik Solo, sangat kreatif,” ujar Sri.

Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2023, Dinas PPKUKM DKI Jakarta menyelenggarakan Semarak Batik Betawi pada 6--8 Oktober 2023. Sejumlah 26 perajin batik Betawi memamerkan karya-karyanya dalam acara tersebut.

Selain itu, diselenggarakan pula berbagai kompetisi, seperti kompetisi desain motif batik, fotografi tema batik, foto berbusana batik lewat Outfit of The Day (OOTD) di media sosial, serta peragaan busana, gelar wicara, dan konsultasi bisnis.

Baca juga: Mau tahu budaya lokal Jakarta? Yuk ke Semarak Batik Betawi 2023

Baca juga: Ratusan perajin batik Betawi terima pelatihan di platform "BaBe Hub"

Baca juga: Legislator minta DKI tingkatkan pelatihan bagi perajin batik Betawi


 

Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023