Ekonomi kreatif merupakan katalisator
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memanfaatkan kegiatan ekonomi kreatif di Paris untuk mempromosikan batik Betawi agar dikenal secara internasional sehingga secara tidak langsung mendongkrak industrinya di Ibu Kota.

"Ekonomi kreatif merupakan katalisator pertumbuhan pembangunan berkelanjutan dan memiliki potensi kontribusi ekonomi yang signifikan, meningkatkan keunggulan kompetitif, serta memberikan dampak sosial yang positif," kata Wakil Bupati Kepulauan Seribu Muhammad Fadjar Churniawan di Jakarta, Jumat.

Fadjar mengatakan salah satu yang didukung Pemprov DKI adalah menampilkan Batik Gobang bersama delapan jenama/merek asal Indonesia pada agenda Showroom Premiere Classe Paris 2023 pada 4 Oktober.

Batik Gobang Jakarta merupakan jenama khas yang berfokus pada batik Betawi klasik.

Gobang sendiri memiliki makna berupa senjata orang Betawi pada masa lalu dan mata uang zaman dulu.

Baca juga: Ratusan perajin batik Betawi terima pelatihan di platform "BaBe Hub"
Baca juga: Legislator minta DKI tingkatkan pelatihan bagi perajin batik Betawi


"Maka itu, kegiatan di Paris tentunya dapat mendorong membangkitkan perekonomian masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kepulauan Seribu," kata Fadjar.

Kemudian pada 5 Oktober, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta turut berpartisipasi pada penyelenggaraan Fête de l'Archipel (Festival of The Archipelago) di Paris.

Festival of The Archipelago adalah festival yang diselenggarakan oleh KBRI Paris, terdiri atas berbagai rangkaian kegiatan, seperti promosi ekonomi dan perdagangan, promosi kuliner, forum bisnis, dan malam budaya.

Festival itu juga melibatkan pemerintah, kelompok bisnis, masyarakat Indonesia dan diaspora.

Dengan kegiatan ini, diharapkan semakin menggali potensi kerja sama dan meningkatkan citra Indonesia di Prancis.

Baca juga: Pemprov DKI ajak BUMD ikut maksimalkan potensi batik Betawi
Baca juga: Mau tahu budaya lokal Jakarta? Yuk ke Semarak Batik Betawi 2023

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023