terbuka untuk semua UMKM yang ingin belajar
Jakarta (ANTARA) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta mengatakan bahwa 200 perajin batik di Jakarta telah mendapatkan pelatihan melalui platform Batik Betawi Hub (BaBe Hub).

“Kini, BaBe Hub telah melatih sampai dengan 200 perajin yang diharapkan dapat aktif berproduksi dan berkreasi melahirkan batik Betawi dari masa ke masa,” kata Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo dalam agenda pembukaan Semarak Batik Betawi 2023 di Jakarta, Jumat.

Ratu mengatakan, perkembangan batik Betawi masih belum sepesat ragam batik dari daerah lainnya karena terbatasnya jumlah perajin batik dan kurangnya inovasi motif-motif batik Betawi baru saat ini.

Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta mengembangkan BaBe Hub pada 2022 sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan industri batik Betawi dan memberdayakan perajin batik di Jakarta.

Ia mengatakan, BaBe Hub sudah mendirikan balai-balai pelatihan di lima wilayah di DKI Jakarta yang dapat diakses masyarakat yang membutuhkan pendampingan dalam mengembangkan batik Betawi.

Lima bagian wilayah sentra tersebut yaitu Jakarta Pusat (Tempat Kumpul Kreatif (TKK) Johar Baru), Jakarta Utara (TKK Koja, Lorong 103), Jakarta Barat (PPSB), Jakarta Selatan (Rusunawa Pengadegan Timur), dan Jakarta Timur (TKK Center).

“BaBe Hub terbuka untuk semua UMKM yang ingin belajar di situ,” kata Ratu.

Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2023, Dinas PPKUKM DKI Jakarta menyelenggarakan Semarak Batik Betawi pada 6--8 Oktober 2023. Sejumlah 26 perajin batik Betawi memamerkan karya-karyanya dalam acara tersebut.

Selain itu, berbagai kompetisi, seperti kompetisi desain motif batik, fotografi tema batik, dan foto berbusana batik lewat Outfit of The Day (OOTD) di media sosial, serta peragaan busana, gelar wicara, dan konsultasi bisnis juga digelar dalam acara tersebut.

Baca juga: Pemprov DKI bentuk "BaBe Hub" sebagai wadah pengembangan batik Betawi

Baca juga: Pemprov DKI bentuk "BaBe Hub" sebagai wadah pengembangan batik Betawi

Baca juga: Budayawan ajak masyarakat DKI kenali jati diri lewat batik Betawi

Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023