Timika (ANTARA) - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1710-07/Mapur Jaya melakukan pembinaan menanam cabai bagi petani di Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Babinsa Koramil 1710-07/ Mapur Jaya Koptu Redemtua Riyanto dalam keterangan  di Timika, Senin, mengatakan pihaknya memiliki petani binaan yang selalu dilakukan pendampingan khusus untuk menanam cabai.

"Jadi petani binaan kita selalu didampingi mulai saat penyiapan lahan, pembibitan, penyemaian sampai panen," katanya.

Menurut Koptu Redemtua, kegiatan pertanian yang dilakukan bersama petani binaan tersebut dalam rangka menyukseskan swasembada pangan oleh pemerintah daerah.

"Selain cabai kami juga menanam umbi karena komoditas ini menjadi kebutuhan utama masyarakat di daerah ini," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berperan aktif dalam setiap hal yang berkaitan dengan pertanian, salah satunya membantu warga binaan pada proses pengolahan, pembibitan, penanaman sampai perawatan pada tanaman.

"Kegiatan yang kami lakukan di wilayah binaan ini merupakan bentuk kewajiban bagi seorang Babinsa dalam mewujudkan kesejahteraan warganya melalui pendampingan pada sektor pertanian," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap melalui pendampingan ini dapat memberi motivasi bagi petani lain sehingga bersemangat dalam memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan yang produktif.

"Mari kita manfaatkan lahan kosong menjadi lebih produktif, dengan demikian maka kita telah mendukung program pemerintah dalam hal ketahanan pangan," ujarnya lagi.
Baca juga: Babinsa Koramil Tiom ajak warga buka lahan kebun
Baca juga: Babinsa Koramil Yapen Barat gunakan perahu antar siswa pergi sekolah
Baca juga: Koramil 1708-01/Biak Timur ajak warga gotong royong bersihkan jalan
Baca juga: Babinsa bantu turunkan bahan bangunan milik warga binaan dari kapal

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023