Jakarta (ANTARA) - Camat Pademangan, Jakarta Utara, Didit Mulyadi mengimbau warga di wilayah tersebut menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah agar terhindar dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat polusi udara.

Didit kepada pers di Pademangan, Jakarta Utara, Senin, mengingatkan jika ada warga yang merasakan gejala ISPA, seperti tenggorokan gatal atau sakit, bersin-bersin, hidung tersumbat dan batuk agar segera memeriksakan kesehatannya di fasilitas kesehatan (faskes) terdekat.

Dia memastikan pelayanan pasien dengan gejala ISPA cepat direspon pihak Puskesmas Kecamatan itu.

"Saya cek hari ini ada 64 pasien ISPA di Puskesmas Kecamatan Pademangan, dari setengah delapan pagi sampai jam dua siang. Saya pastikan Puskesmas cepat merespon setiap pasien yang datang," kata Didit.

Didit menduga penyakit ISPA menjadi banyak dikeluhkan pasien dari warga Kecamatan Pademangan, karena kualitas udara di Jakarta Utara yang kurang baik.

Baca juga: Pemkot Jakut lakukan sosialisasi aturan uji emisi kendaraan
Baca juga: Legislator sarankan DKI tetap razia uji emisi untuk tekan polusi udara


Karena itu, Didit sudah meminta jajarannya untuk kembali mengadakan uji emisi pada Selasa (12/9) di Ancol untuk pengendalian pencemaran udara dari sektor transportasi.

Dalam kalender pelaksanaan uji emisi yang dibagikan kepada wartawan, uji emisi di Ecovention Hall Taman Impian Jaya Ancol itu menjadi pelaksanaan uji emisi yang ketiga kalinya di wilayah Kecamatan Pademangan.

"Besok dari Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara bekerjasama dengan pengelola Taman Impian Jaya Ancol akan mengadakan uji emisi bagi kendaraan roda dua dan roda empat di Ecovention," katanya.

Dia berharap warga bisa mengikuti uji emisi kendaraannya sebagai upaya mengendalikan pencemaran udara dari sektor transportasi.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023