Kita harus selalu bersemangat membangun Indonesia dengan menjaga ekonomi rakyat.
Medan (ANTARA) - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara meminta Kabupaten Nias mendorong penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) untuk memperkokoh anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) wilayah tersebut.

"Kita harus selalu bersemangat membangun Indonesia dengan menjaga ekonomi rakyat," ujar Suahasil dalam keterangan yang diterima, di Medan, Sumatera Utara, Senin.

Menurutnya, salah satu cara menaikkan PAD adalah dengan menumbuhkan investasi.

Seiring dengan itu, Pemerintah Kabupaten Nias juga dimintanya untuk meningkatkan kedisiplinan wajib pajak.

"Pajak kuat, Indonesia maju," ujar Suahasil.

Suahasil berkunjung ke Nias pada 8-11 September 2023. Di sana, dia menghadiri beberapa agenda yaitu Rapat Koordinasi Daerah Kabupaten Nias, mengunjungi Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Gunungsitoli serta Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Gunungsitoli.

Kemudian, dia memberikan pemaparan di Seminar Nasional di Universitas Nias, melancong ke Museum Pusaka Nias dan Desa Bawomataluo, mengisi kuliah di Universitas Nias Raya, melaksanakan bakti sosial di Yayasan Nias Peduli Edukasih dan menghadiri pembukaan Nias Pro 2023 World Surf League Qualifying di Pantai Sorake.

Dalam lawatannya tersebut, Suahasil memberikan beberapa masukan kepada masyarakat Nias terutama kalangan mahasiswa.

"Saya yakin tugas dari universitas adalah menjaga relevansi dari agenda besar nasional diturunkan menjadi agenda kita masing-masing melalui peningkatan sumber daya manusia yang semakin lama, kuat dan berkualitas. Ini peran yang harus dilakukan," kata Suahasil.
Baca juga: Tiga kelurahan di Gunungsitoli dapat dana kelurahan

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023