Jakarta (ANTARA) - Sejak 18 Agustus hingga 9 September, Shopee menggelar festival belanja 9.9 Super Shopping Day yang diklaim menghasilkan capaian positif, terlihat dari peningkatan Shopee Live yang ditonton lebih dari 7 kali lipat dan jumlah produk terjual mencapai lebih dari 30 kali lipat pada puncak kampanye dibanding hari biasa.

Pencapaian ini semakin menunjukkan bagaimana para pengguna memanfaatkan Shopee dan kampanye 9.9 beserta fitur interaktif yang dihadirkan sebagai wadah untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia dalam keterangannya yang diterima di Jakarta pada Selasa mengatakan, "Festival belanja akhir tahun selalu menjadi momen yang sangat menyenangkan bagi kami di Shopee, karena dapat kembali menyaksikan animo masyarakat dalam menjadikan Shopee destinasi berbelanja kebutuhan yang bervariasi”.

Monica menyebutkan bahwa antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan kampanye 9.9 Super Shopping Day pun telah banyak melahirkan beberapa tren belanja hingga berjualan baru yang menarik untuk diamati.

“Selain masyarakat juga semakin semangat dalam berburu produk incarannya melalui ragam promo dan harga spesial, kehadiran fitur interaktif seperti Shopee Live dan Shopee Affiliate juga telah menciptakan ruang kolaborasi dan membawa dampak positif bagi para pengguna baik pembeli, penjual, maupun kreator guna mendapatkan proses jual beli yang lebih menguntungkan dan menyenangkan,” tambah Monica.

Baca juga: Pemuda Tasikmalaya dapat Avanza Rp9 ribu dari flash sale Shopee Live

Dampak signifikan
Puncak kampanye 9.9 Super Shopping Day tahun ini tidak hanya deretan promo menarik yang menguntungkan, tapi juga fitur-fitur yang menghadirkan program spesial untuk menjadi wadah kolaborasi dan solutif bagi semua pihak.

Secara khusus, melalui fitur Shopee Live, hadir sesi live shopping pada puncak kampanye yang dimeriahkan langsung oleh deretan artis papan atas secara bergantian. Mulai dari Ruben Onsu, Sarwendah, Raffi Ahmad, dr. Richard Lee, Baim Wong, Nikita Mirzani, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Lesti Kejora, dan Keanu Agl serta para streamer atau konten kreator lainnya telah meramaikan sesi Shopee Live nonstop.

Sesi live shopping pada puncak kampanye ini, menawarkan berbagai kemeriahan mulai dari hiburan, interaksi dengan penggemar, dan yang paling spesial menyediakan keuntungan bagi para pembeli dengan menghadirkan ragam pilihan produk serta penawaran harga spesial dari mitra brand serta penjual yang ikut berpartisipasi pada sesi live tersebut.

Sepak terjang yang telah dilakukan oleh deretan nama artis di atas memang tak perlu diragukan lagi kehebatannya dalam menggaet penonton untuk meramaikan sesi Shopee Live di puncak kampanye 9.9 kemarin pada masing-masing akun tokonya.

Sebut saja Sarwendah, Ruben Onsu, dan Aurel Hermansyah, mereka memiliki gaya khas dalam berjualan live shopping, menjadikannya sukses sebagai TOP Streamers pada puncak 9.9 Super Shopping Day.

Melihat keterampilan mereka yang membuat suasana live semakin seru, ketiganya pun sukses catatkan beberapa rekor baru pada puncak kampanye di Shopee Live.

Pertama ada Ruben Onsu melalui toko @Ruben_Onsu di Shopee Live mencatatkan rekor baru dengan sukses meraih omset hingga 16 Miliar di puncak kampanye.

Kemudian sebanyak 180 ribu penonton secara bersamaan di waktu yang sama mengikuti momen Flash Sale 9RB Mobil Toyota Avanza yang dipandu oleh Sarwendah melalui toko @Sarwendahofficial.

Lalu selebritas lainnya dengan pencapaian luar biasa adalah Aurel Hermansyah melalui toko @TokoMamaNur yang berhasil menjual lebih dari 16 ribu produk.

Sebagai salah satu streamer artis yang ikut memeriahkan puncak 9.9 kemarin, Ruben Onsu turut mengatakan “Tak disangka-sangka, live shopping di Shopee Live pada puncak 9.9 kemarin sangat seru sekali. Terima kasih kepada para followers dan pengguna Shopee yang kemarin dengan semangat sudah meramaikan toko sampai beberapa barang sold out. Tapi keren banget si, dalam semalam kemarin meraih omset hingga 16 Miliar dengan puluhan ribu produk terjual, ini di luar dugaan! Ngeliat promo dan diskon yang super besar, plus traffic yang tinggi, makin percaya diri nih buat meningkatkan terus performa toko @Ruben_Onsu di Shopee Live. Bagi pengguna yang belum kebagian, tunggu kejutan di sesi berikutnya!”

Pengaruh signifikan dari efektivitas live shopping tidak hanya dirasakan oleh para pembeli dan konten kreator. Interaksi dan komunikasi secara real-time juga memberikan dampak positif terhadap para penjual, terlihat dari semakin banyaknya pelaku usaha yang turut mengoptimalkan Shopee Live di puncak kampanye sebagai strategi pemasarannya, tercatat peningkatan jumlah streamer seller hingga 5 kali lipat.

Respons luar biasa dari para penonton live shopping di kampanye 9.9 memang turut mendukung peningkatan penjualan harian para pelaku usaha yang bergabung di Shopee Live.

Salah satu contoh brand lokal yang menarik perhatian karena sukses mengoptimalkan peluang yang diberikan adalah brand kecantikan BHUMI yang berhasil meningkatkan transaksi penjualan di sepanjang kampanye 9.9 mencapai 27 kali lipat berkat fitur interaktif serta promo eksklusif yang tersedia di Shopee Live.

Selain itu, brand fashion pria Geoff Max yang juga menjadikan Shopee Live sebagai salah satu strategi bisnisnya di tahun ini. Sepanjang kampanye 9.9, Geoff Max berhasil mencatat peningkatan transaksi di Shopee Live hingga 130 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa. Hal ini semakin menunjukkan, para pelaku usaha memang harus selalu mengikuti perkembangan tren serta inovasi terkini yang mampu memberikan peluang-peluang baru seperti fitur Shopee Live.

Owner dari Geoff Max pun menyampaikan apresiasinya akan peluang yang dihadirkan fitur Shopee Live untuk brand-nya, "Sejak awal Geoff Max bergabung dengan Shopee, kami merasa bahwa berbagai program dan fitur yang disediakan adalah bentuk dukungan yang berarti bagi pertumbuhan bisnis kami. Terutama, kehadiran Shopee Live telah membantu kami memberikan pelayanan yang lebih personal, interaktif, dan informatif kepada konsumen".

Menurut dia, hal ini tercermin dalam peningkatan transaksi yang sangat pesat melalui Shopee Live sepanjang kampanye 9.9 Super Shopping Day kemarin. Di puncak kampanye, Geoff Max mengklaim berhasil mencapai peningkatan transaksi 130 kali lipat.

Pihak Geoff Max pun berharap bahwa Shopee akan senantiasa menjadi platform yang mendukung brand lokal untuk memperluas pasar dan mengoptimalkan bisnis melalui fitur-fitur inovatif lainnya.

Baca juga: Shopee Live perdana gelar flash sale mobil seharga Rp9 ribu

Kelengkapan produk hingga peluang
Periode menuju akhir tahun memang dikenal sebagai momen berbelanja untuk berbagai kebutuhan baik untuk diri sendiri maupun keluarga.

Menjadi teman setia sekaligus memberikan solusi kepada pengguna, Shopee 9.9 Super Shopping Day menghadirkan kelengkapan produk variatif dari berbagai kategori yang menjadi motivasi masyarakat untuk semakin semangat berburu berbagai produk incarannya.

Beauty, Home & Living, dan Fashion juga menjadi tiga kategori teratas favorit pengguna selama kampanye 9.9 berlangsung. Fashion dan Beauty merupakan dua kategori yang kerap menempati podium teratas dalam indikator kategori yang paling dicari di Shopee.

Jam Tangan, Sweater dan Legging menjadi produk fashion yang paling banyak dibeli, sedangkan pada kategori kecantikan, 9.9 tahun ini mencatatkan Moisturizer, Body Wash dan Face Mask menjadi produk yang paling diminati oleh pengguna.

Selain Fashion dan Beauty, daya tarik terhadap kategori Home & Living juga semakin meningkat. Kebutuhan yang bervariasi dan keinginan memiliki rumah yang nyaman untuk keluarga, membuat kategori ini juga menjadi incaran pengguna. Selimut, rak penyimpanan, dan handuk menjadi tiga produk paling dicari demi bisa menciptakan tempat tinggal yang menyenangkan.

Di sisi lain, Shopee juga melihat permintaan akan kebutuhan yang beragam dan promo menguntungkan juga menjadi aspek yang meningkatkan ketertarikan para pengguna di luar kota non-metropolitan untuk memanfaatkan momen kampanye 9.9 Super Shopping Day.

Hal ini dapat dilihat dari tingginya jumlah pengiriman yang memanfaatkan Gratis Ongkir RP0 pada puncak kampanye, dengan pengiriman terjauh dari Jayapura (Papua) ke Medan (Sumatera Utara) dengan jarak kurang lebih mencapai 7000 km.

Pengaruh daya tarik yang tinggi terhadap tiga kategori tersebut dipengaruhi oleh semakin banyaknya pengguna Shopee yang memanfaatkan peluang baru, Shopee Affiliate Program untuk mendapatkan keuntungan tambahan. Pada puncak kampanye 9.9, tercatat produk yang dipromosikan melalui link affiliate meningkat hingga 10 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Di samping itu, para pengguna juga memanfaatkan sederet promo super di kampanye ShopeeFood 9.9 Super Duper Kenyang untuk memesan berbagai camilan sebagai asupan tambahan selain menu sarapan, makan siang, dan makan malam. Aneka camilan populer yang paling banyak dipesan selama kampanye ShopeeFood 9.9 berlangsung adalah martabak, pempek, dan ayam fillet krispi.

Antusiasme pengguna juga terlihat dalam kampanye ShopeePay DUAR (Dobel Untung Besar) 9.9 yang hadir dengan penawaran menarik saat bertransaksi menggunakan QRIS dengan sumber dana ShopeePay atau SPayLater di merchant offline dan online. Tercatat Malang, Sleman, dan Palembang termasuk ke dalam kota-kota non metropolitan dengan antusiasme tinggi yang memanfaatkan voucher promo ShopeePay DUAR 9.9 di dalam fitur ShopeePay Sekitarmu.

Sedangkan kategori yang paling banyak dibeli menggunakan QRIS ShopeePay ataupun SPayLater adalah belanja kebutuhan harian, makanan & minuman, pembayaran parkir, dan fashion.

“Kami harap dimulainya festival belanja akhir tahun oleh kampanye 9.9 Super Shopping Day yang berhasil mencatatkan pencapaian baik ini dapat menjadi dorongan bagi kami untuk memberikan lebih banyak dukungan dan manfaat bagi seluruh ekosistem Shopee," kata Monica menutup keterangannya.

Baca juga: Omzet dr. Richard Lee tembus Rp5,5 miliar dalam 1,5 jam diShopeeLive
 

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023