Dengan semangat hari buruh 2013 saya berharap hubungan antara perusahaan dan pekerja semakin baik
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Rabu pagi dijadwalkan bertolak menuju Surabaya untuk kunjungan kerja di Jawa Timur hingga akhir pekan mendatang.

Juru bicara Presiden Julian Aldrin Pasha kepada Antara di Jakarta, Rabu mengatakan di Surabaya, Presiden pada Rabu (1/5) akan mengunjungi dua pabrik untuk bertatap muka langsung dengan para buruh.

"Rencananya akan meninjau PT Maspion dan PT Unilever yang berada di Surabaya," kata Julian.

Sebelumnya, dalam akun twitter pribadinya, Selasa (30/4) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan kemajuan perusahaan harus diiringi dengan peningkatan kesejahteraan buruh, sehingga semua pihak merasakan keuntungan yang sama.

Presiden mengatakan upah buruh harusnya terus semakin baik sesuai dengan kemampuan perusahaan. Untuk memenuhi upah buruh yang layak, selain perusahaan harus berlaku adil di sisi lain pungutan-pungutan yang tidak semestinya dan menyebabkan ekonomi biaya tinggi harus dihilangkan.

"Hentikan segala pungutan yang tidak semestinya, sehingga biaya-biaya tersebut bisa dialihkan untuk meningkatkan upah buruh," tegasnya.

Ia menambahkan,"upah yang semakin baik harus diiringi dengan disiplin dan produktivitas agar perusahaan dan buruh sama-sama berkembang."

"Jika ada perselisihan antara pihak pengusaha dan buruh selesaikan dengan baik dan tertib, cegah kekerasan dan perusakan," paparnya.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013