Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi meyakini apabila layanan internet milik Elon Musk, Starlink, hadir di Indonesia bisa mendukung kelancaran internet dan tidak bakal mengganggu ekosistem internet service provider (ISP) atau penyelenggara jasa internet lokal.

"Enggak, lah, semua, kan, berkompetisi secara baik dan secara sehat," kata Budi di Jakarta, Selasa.

Keyakinan tersebut disampaikan Budi menanggapi rencana kedatangan Elon Musk pada akhir September atau awal Oktober yang direncanakan oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan untuk membahas banyak hal terkait investasi salah satunya terkait dukungan internet.

Budi mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengambil sikap mendukung apabila Elon Musk tertarik untuk menghadirkan layanan internet di Indonesia. Menurut dia, asalkan Starlink mengikut aturan dan membangun badan hukum sesuai ketentuan yang berlaku maka layanan internetnya dapat beroperasi di Indonesia.

Baca juga: Menkominfo dukung solusi konektivitas Puskemas dengan layanan Starlink

Apalagi dengan kondisi geografis Indonesia, kehadiran akses internet Starlink yang mengandalkan satelit justru dapat membantu pemerataan akses internet khususnya di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

"Basisnya kita adalah yang terbaik untuk pelayanan ke masyarakat, kita dukung," kata Budi menegaskan.

Sebelumnya, pada Senin (14/8), Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pendiri SpaceX dan Tesla Inc, Elon Musk akan datang ke Jakarta pada akhir September atau Oktober 2023 dan kemungkinan akan meneken kerja sama di beberapa bidang.

“Kita harap proses Starlink (satelit orbit rendah bumi milik Elon Musk) yang digunakan Kementerian Kesehatan di daerah terpencil bisa di-cover (mencakup) rakyat kita di pedesaan dengan internet bagus mungkin akan ditandatangani,” kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) diketahui berencana menggunakan layanan low earth orbit/LEO (satelit bumi rendah) Starlink milik Elon Musk untuk menyalurkan internet cepat di sejumlah pelayanan kesehatan.

Baca juga: Menkes temui Elon Musk bangun akses internet di puskesmas terpencil

Baca juga: Luhut sebut Elon Musk datang ke Jakarta pada September

Baca juga: Layanan telekomunikasi wajib miliki ijin sebelum beroperasi

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023