Surabaya (ANTARA) - Sebanyak tiga satuan kerja (satker) di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Jatim meraih penghargaan dalam bidang pengelolaan keuangan dari Kementerian Keuangan.

Plt. Kakanwil Kemenkumham Jatim Saefur Rochim di Surabaya, Selasa, mengatakan ketiga satker itu adalah Kantor Imigrasi Kediri, Kantor Imigrasi Jember dan Lapas Bojonegoro yang menyapu bersih penghargaan pada kategori Pengelolaan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Pagu Sedang.

Baca juga: Kemenkumham Jatim kembali buka layanan bergerak 

"Alhamdulillah, untuk bidang pengelolaan IKPA Pagu Sedang seluruh penghargaan disabet jajaran kami," ujar Rochim usai menerima penghargaan secara simbolis dari Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Jawa Timur Taukhid pada High Level Executing Agency Dialogue Tahun 2023 di Ballroom Hotel Shangri La.

Menurut Rochim, hal ini menjadi capaian yang membanggakan bagi jajarannya dan jadi indikator bahwa pembinaan yang dilakukan kantor wilayah berjalan dengan baik.

"Kami harap capaian menjadi contoh bagi jajaran yang lain, sehingga bisa terus memberikan kontribusi positif untuk Kemenkumham," tuturnya.

Rochim menjelaskan kegiatan ini menjadi wahana evaluasi dan koordinasi kuasa pengguna anggaran, yaitu para pimpinan utama satker kementerian negara atau lembaga, termasuk 35 BLU di Jawa Timur serta pemerintah daerah selaku pengguna anggaran dekonsentrasi dan tugas pembantuan dengan kuasa bendahara umum negara.

Baca juga: Warga Kangean antusias ikut pelayanan Hukum dan HAM Bergerak

Baca juga: Pelaksanaan anggaran dinilai lancar, Kemensos terima penghargaan IKPA


"Seluruh kementerian atau lembaga yang hadir dalam forum dialog ini sepakat mendorong percepatan belanja pemerintah," ujarnya.

Ia mengatakan untuk tahun anggaran 2024, percepat proses pengadaan dilakukan sebelum tahun anggaran berjalan.

"Dengan penandatanganan kontrak dilakukan di awal tahun 2024, diharapkan bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi dari awal," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023