Padang (ANTARA) -
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menekankan pentingnya kapasitas sumber daya manusia (SDM) perangkat desa/nagari untuk mengoptimalkan tata kelola administrasi keuangan dana desa.
 
 
 
"Tujuan utama dari dana desa adalah mempercepat laju pembangunan di daerah. Namun dalam pelaksanaannya, selain cepat, kita juga perlu memastikan bahwa itu telah terkelola sesuai aturan dan tepat sasaran, karena itu kapasitas SDM menjadi penting," katanya di Padang, Selasa.
 
 
 
Ia mengatakan hal itu saat membuka acara Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa tingkat Regional se-Provinsi Sumbar yang diselenggarakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumbar di Padang.

Mahyeldi mengatakan saat ini konsep pembangunan yang dimulai dari desa adalah salah satu hal yang menjadi fokus dan terus diupayakan oleh pemerintah, baik pada tingkat kabupaten, provinsi, maupun pusat.

Hal itu, katanya, dilakukan karena diyakini dapat berdampak langsung terhadap masyarakat sehingga pemerataan pembangunan dan kesejahteraan yang dicita-citakan seluruh pihak dapat tercapai secara optimal.
 
 
 
"Karena pentingnya peran pemerintah nagari atau desa dalam menunjang keberhasilan pembangunan tersebut, maka penting dilakukan penguatan-penguatan bagi setiap perangkat nagari atau desa, baik dari segi kapasitas maupun kualitas karena saat ini kondisinya masih sangat terbatas," ujarnya.
 
 
 
Ia mengingatkan jangan sampai perangkat nagari menjadi lamban dalam menjalankan roda pembangunan atau bahkan bermasalah secara hukum karena lemahnya SDM.

Sementara itu, Kepala BPKP Perwakilan Sumbar, Dessy Adin menyampaikan latar belakang dari penyelenggaraan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa adalah untuk meminimalisasi potensi masalah terkait pengelolaan dana desa oleh perangkat pemerintahan di desa atau nagari.
 
 
 
"Kita menyadari masyarakat menuntut perangkat nagari untuk memberikan pelayanan yang cepat dan menyeluruh, namun tata kelola keuangan tentu harus tetap diperhatikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujar dia.
 
 
 
Lebih lanjut, ia berharap kegiatan yang strategis ini dapat diikuti secara serius oleh seluruh peserta agar manfaatnya dapat diterima secara utuh dan bisa diimplementasikan secara sempurna oleh seluruh peserta di tempat kerjanya masing-masing.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023