Ambon (ANTARA) - Telkomsel membangun 800 lebih BTS 4G LTE baru di wilayah Papua dan Maluku sepanjang tahun 2023, dalam rangka pemerataan akses jaringan seluler.

"Fokus pembangunan 4G LTE merupakan wujud konsistensi meningkatkan kapasitas dan kecepatan, serta kenyamanan stabilitas akses guna memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap gaya hidup digital," kata General Manager Network Operations and Productivity Telkomsel Regional Maluku dan Papua, Agus Sugiarto, dalam keterangan yang diterima, Selasa.

Ia menyatakan, komitmen Telkomsel untuk mengakselerasikan pertumbuhan jaringan broadband 4G LTE yang agresif guna mendukung ekosistem gaya hidup digital.

“Sepanjang tahun 2023 ini, tercatat terjadi peningkatan trafik data sekitar 20, 4 persen dibanding tahun lalu (YtD). Peningkatan trafik tersebut kemudian diiringi degan perluasan dan peningkatan kapasitas jaringan 4G LTE di wilayah Papua dan Maluku," ujarnya.

Penambahan BTS 4G LTE yang dilakukan adalah bagian dari upaya kami memastikan terpenuhinya kebutuhan gaya hidup digital pelanggan yang semakin dinamis.

Penambahan ratusan BTS 4G LTE terbaru yang dilakukan Telkomsel bertujuan memperluas jangkauan dan memperkuat sinyal terutama untuk pelanggan di dalam rumah atau gedung.

"Dengan implementasi tersebut, Telkomsel kini semakin memperluas jangkauan layanan 4G LTE yang mencapai lebih dari 90 persen wilayah populasi di seluruh kota/kabupaten yang ada di Papua dan Maluku.

Ia mengakui, keseriusan Telkomsel melakukan perluasan infrastruktur serta upgrade teknologi jaringan dari sisi kapasitas maupun kecepatan merupakan wujud nyata merespon semakin tingginya adopsi serta minat masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan gaya hidup digital masyarakat.

Terutama akses layanan sosial media, video streaming, mobile gaming, hingga kebutuhan melayani transformasi digital sektor industri.

Dalam laporan Ookla periode Januari – Juni 2023, Telkomsel mengukuhkan posisi pada kategori Best Mobile Coverage dengan capaian coverage score 887, di mana pada kategori tersebut Telkomsel dinilai sebagai operator yang memiliki cakupan infrastruktur yang merata dan mampu menyediakan konektivitas yang andal, bahkan di daerah-daerah dengan tantangan geografis.

Di mana sekira 98,00 persen pelanggan telah terlayani oleh jaringan broadband 4G/LTE Telkomsel. Selain itu untuk kategori Fastest Mobile Network Telkomsel memiliki kecepatan akses broadband tertinggi di Indonesia dengan capaian Speed Score 35.33 yang menghadirkan rata-rata kecepatan download 26,74 Mbps dan kecepatan upload 12,98 Mbps.

Capaian terbaik pada dua kategori tersebut menempatkan Telkomsel sebagai peraih predikat di kategori Best Mobile Network untuk ketiga kalinya, di mana semakin menegaskan konsistensi Telkomsel sebagai connectivity enabler yang mampu menghadirkan konektivitas tercepat dengan cakupan jaringan terluas di Indonesia.

Baca juga: Telkomsel tambah 600 BTS antisipasi kenaikan layanan data Aceh-Sumut

Baca juga: Telkomsel siapkan ribuan BTS 4G di wilayah 3T

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023