Kriyanusa digelar Dekranas untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan akses pasar para perajin kriya
Semarang (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jawa Tengah berpartisipasi dengan mengirim sembilan perajin dengan produk unggulan masing-masing ke Pameran Kerajinan Nasional Kriyanusa yang digelar di Balai Sidang Jakarta pada 13-17 September 2023.

“Kriyanusa digelar Dekranas untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan akses pasar para perajin kriya,” kata Kepala Bidang Promosi dan Kerja Sama Dekranasda Jateng Ratna Kawuri di Semarang, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa produk-produk kerajinan yang akan ditampilkan mewakili Provinsi Jateng pada Kriyanusa telah melalui seleksi ketat serta dikurasi ketat oleh desainer kondang Musa Widyatmodjo.

“Dari 23 perajin yang kita seleksi, kami ajukan 10 perajin, namun satu di antaranya kemudian harus didrop karena ketidaksesuaian tema. Sehingga hasil akhirnya, kita mengirimkan sembilan perajin beserta produknya,” ujarnya.

Baca juga: Pj Gubernur Jateng minta Satgas Pangan turun lapangan cegah inflasi

Baca juga: Ganjar ceritakan kemudahan berinvestasi di Jateng kepada pengusaha


Sembilan perajin yang nantinya ikut serta dalam Kriyanusa 2023 adalah CV Kandhimas Surya Buana Kota Surakarta Fashion dengan produk tas, sepatu, outwear, aksesoris; Diamond Kreasi Mandiri Banyumas yang memroduksi kerajinan serat alam; ZEE Collection Banyumas Premium dengan produk botanical print dan kerajinan fesyen.

Adapula Batik Riya Kota Surakarta, Shidobiru Sakatani Makmur Temanggung Pasta Indigo Shibiru, fashion and craft, Tatik Handicraft Boyolali kerajinan tembaga, kuningan, dan aluminium; Natureline Boyolali membawa lilin dekoratif dan aroma terapi; JF BAGS Kota Semarang Craft dengan produk tas handmade bag; serta Eka Batik Kota Semarang.

Ratna yang juga Kepala Disperindag Jateng menambahkan, selain ajang promosi, Kriyanusa 2023 menampilkan peragaan busana spesial dari para Ketua Dekranasda Provinsi.

“Harapannya, pada ajang ini juga membuka peluang pasar baru, bagi para perajin di Jawa Tengah,” katanya.

Baca juga: BI Jateng mencatat inflasi Agustus 2023 menurun

Baca juga: Ekspor Jateng pada semester I 2023 capai 5.937,25 juta dolar AS

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023