Jakarta (ANTARA) - Atlet bulu tangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting berhasil maju ke babak 16 besar turnamen Hong Kong Open 2023 setelah mengalahkan pemain Kanada Bryan Yang dengan skor 21-9, 21-14.

“Pertama-tama mengucap syukur bisa menyelesaikan pertandingan dengan baik dan tanpa cedera. Memang hari ini coba lebih memegang kendali permainan dari awal mulai sampai selesai. Selain itu, tetap mengantisipasi dan mengadaptasi kondisi lapangan karena pasti berbeda dari minggu lalu,” kata Anthony dikutip dari keterangan resmi PBSI di Jakarta, Rabu.

Tunggal putra peringkat dua dunia itu menambahkan bahwa dia merasa lawan memiliki kendala dengan kondisi lapangan dan arah shuttlecock. Menurutnya, kondisi Yang sama seperti saat keduanya bertemu di Singapore Open 2023, yang membuat lawan kesulitan untuk mengembangkan permainan.

Lebih lanjut, Anthony mengaku ia perlahan sudah merasa berada di performa yang lebih baik jika dibandingkan dengan saat ia berlaga di China Open, beberapa waktu lalu, saat ia tersingkir di babak awal.

“Saya merasa sudah lebih baik dari penampilan di China Open terlepas dari menang atau kalahnya. Saya merasa feel dan hawanya sudah kembali dan harusnya semakin hari bisa semakin baik. Saya menikmati dan belajar agar tidak mengulang kesalahan minggu lalu,” ujar Anthony.

Baca juga: Sepuluh wakil Indonesia berlaga pada hari kedua Hong Kong Open

Dengan kemenangan ini, Anthony akan bersua dengan wakil Malaysia Leong Jun Hao. Ini akan menjadi pertemuan pertama bagi kedua tunggal putra tersebut.

“Kami belum pernah bertemu sebelumnya. Akan ada adu strategi tapi yang utama fokus mempersiapkan diri sendiri dulu. Nanti juga akan ada evaluasi dengan pelatih tentang pertandingan hari ini dan buat besok seperti apa. Semoga besok bisa memberikan yang terbaik,” kata Anthony.

Sementara itu, pada hari kedua ini, Indonesia menurunkan sepuluh wakil di turnamen BWF Super 500 ini. Selain Anthony, akan ada pula Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo yang mewakili Indonesia di sektor tunggal putra.

Lebih lanjut, di sektor tunggal putri, ada Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani. Sementara ada lima pasangan ganda campuran yaitu Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Adnan Maulana/Nita Violina Marwan, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Baca juga: Timnas bulu tangkis Indonesia turunkan 17 wakil ke Hong Kong Open

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023