Jakarta (ANTARA) - Timnas bulu tangkis Indonesia menurunkan sebanyak 17 wakilnya untuk berjuang pada turnamen BWF Super 500 Hong Kong Open 2023 yang akan berlangsung pada 12-17 September.

Skuad Garuda lebih dulu menjajal Hong Kong Coliseum di Kota Kowloon, Senin siang, untuk merasakan atmosfer pertandingan.

"Tadi latihan untuk pengenalan lapangan seperti biasa. Tidak terlalu lama, hanya 30 menit dapatnya tapi saya rasa cukup," ucap pelatih tunggal putra Harry Hartono melalui pesan resmi PP PBSI di Jakarta, Senin.

Sektor tunggal putra menurunkan pemain utama seperti Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Chico Aura Dwi Wardoyo. Sedangkan Shesar Hiren Rhustavito batal bertanding karena alasan kesehatan yang belum maksimal.

Shesar yang direncanakan ikut bertanding terpaksa mundur karena cedera betis kirinya kambuh.

Harry menceritakan, Shesar yang semula dijadwalkan turut berlatih dengan anggota timnas lainnya tiba-tiba merasa otot betis kirinya tertarik dan dikhawatirkan cederanya kambuh.

"Jadi kami memutuskan untuk menarik mundur dia agar cederanya tidak semakin serius, sekaligus mempersiapkan turnamen berikutnya yang tidak kalah penting," tambah Harry.

Baca juga: Pelatih minta Apri/Fadia usaha maksimal demi poin Olimpiade Paris

Harry memastikan kondisi tiga anak asuhnya yang lain dalam keadaan siap tanding.

"Untuk Ginting, Jonatan, dan Chico dalam keadaan oke setelah tiba dari China tadi malam," kata Harry.

Selain Ginting dan kawan-kawan, wakil Indonesia lainnya pada Hong Kong Open 2023 yaitu Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani pada sektor tunggal putri.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan akan bermain pada nomor ganda putra.

Lalu dari ganda putri diwakili pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi.

Terakhir dari ganda campuran ada pasangan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Adnan Maulana/Nita Violina Marwah, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Baca juga: Fajar Alfian targetkan medali emas di Asian Games 2022
Baca juga: Tak penuhi target di Kejuaraan Dunia BWF, ini evaluasi PBSI

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023