66,77 persen dari target 9.800 vaksinasi
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (Sudin KPKP) Jakarta Selatan mengungkapkan bahwa sejak Januari hingga September 2023, sebanyak 6.493 ekor hewan di daerah tersebut telah mendapatkan vaksin rabies.

"Jadi kurang lebih 66,77 persen dari target 9.800 vaksinasi sampai bulan September sudah dipenuhi,” kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Selatan Hasudungan A. Sidabalok di acara diskusi menjelang Hari Rabies di Jakarta Selatan, Rabu.

Menurut Hasudungan, tindakan vaksinasi adalah upaya Pemerintah Kota (Pemkot) untuk mencegah dan mengendalikan penyakit rabies, meskipun Jakarta termasuk salah satu provinsi yang berstatus bebas rabies.

“Jadi ada 11 provinsi di Indonesia yang sekarang masih bebas rabies, maka kita patut bersyukur bahwa Jakarta itu sebagai daerah yang bebas rabies,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin mengimbau warga yang berada di daerah perbatasan untuk lebih waspada sebab provinsi di sekitar Jakarta masih belum bebas rabies.

“Bukan tidak mungkin hewan tetangga sebelah itu bisa nyebrang ke kita, kalau tetangga sebelah belum bebas rabies berarti kita harus waspada,” kata Munjirin.

Ia juga mengharapkan keterlibatan semua pihak jika melihat anjing yang berkeliaran dan mungkin membahayakan atau belum divaksin untuk segera lapor ke KPKP agar dilakukan tindakan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada.

Kemudian ia juga mengimbau kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan di rumahnya untuk memiliki kesadaran vaksinasi rabies, karena jika tidak, hal tersebut dapat membahayakan orang-orang yang ada di rumah.

Di samping menggencarkan vaksinasi rabies, KPKP Jakarta Selatan juga memiliki target sterilisasi kucing gratis dan sekarang sudah mencapai kurang lebih 757 ekor hewan.

Baca juga: Kematian 21 kucing di Jakarta Utara dipastikan bukan akibat rabies

Baca juga: Pemprov DKI diminta awasi jalur masuk hewan berpotensi tularkan rabies

Baca juga: Legislator DKI tekankan larangan eksploitasi hewan penular rabies




Pewarta: Widi Andini Shufi
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023